Detik-detik Dahsyatnya Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 17:01 WIB

Banjir bandang pertama pun mereda. Aliran Sungai Cisampay yang sempat meluap dan membawa lumpur pun surut.

Daman dan adik-adiknya kemudian bergegas membersihkan lumpur yang mulai masuk ke rumah. Hal serupa juga dilakukan warga lainnya sambil mencoba mengevakuasi barang-barang dari dalam rumah.

Namun, pukul 12.00 WIB, banjir bandang kedua terjadi. Debit air yang lebih besar dari sebelumnya datang dengan tiba-tiba dibarengi suara gemuruh.

"Pas kejadian kedua itu posisi saya lagi bersih-bersih lumpur. Tiba-tiba ada suara gemuruh, brak, bruk, gitu. Banyak pohon yang roboh, kebawa air, nabrak-nabrak rumah," tuturnya.

"Saya langsung lari, adik saya juga langsung ke atas (selamatkan diri ke tanah yang lebih tinggi). Pokoknya kaget semua itu, suaranya seram," kata Daman menambahkan.

Banjir bandang melanda kawasan Kabupaten Bogor. Rumah-rumah rusak dan mengakibatkan sejumlah warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berikut potretnya.Daman (62) melihat langsung banjir bandang menerjang rumahnya. (Foto: M. Sholihin/detikcom)

Akibat banjir bandang yang kedua, kamar dan ruang dapur rumah adik dari Daman ambruk tersapu banjir bandang. Dua buah pohon besar yang berada di belakang rumah Daman tumbang dan menimpa kediaman adiknya.

"Alhamdulillah kalau anggota keluarga enggak ada yang luka. Ada lima orang tinggal di sini, ada bayi juga yang usianya baru 10 hari. Alhamdulillah semuanya selamat," ucap Daman.

Pantauan di lokasi, kediaman dari adik Daman ambruk di bagian belakangnya. Rupanya pohon besar yang berada di belakang rumah itu menimpa ruang kamar dan dapur. Posisi rumah ini berada persis di bantaran Sungai Cisampay yang meluap.

Banjir bandang yang terjadi hingga dua kali tersebut diduga akibat luapan air dari Air Terjun Curug Cisampay. Hujan yang melanda sejak sore kemarin hingga pagi tadi diduga mengakibatkan debit air di hulu Sungai Cisampay naik dan meluap.


(bbn/bbn)