Bupati Bandung Barat Akan Tes Swab Kedua

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 15:44 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna akan menjalani tes swab kedua pada tanggal 19 atau 20 Januari 2021 mendatang untuk mengetahui apakah masih positif COVID-19 atau tidak.

"Setelah 14 hari dinyatakan positif nantinya akan dilakukan swab test kembali untuk memastikan kondisi kesehatan Pak Bupati apakah sudah negatif atau belum," kata Direktur Utama (Dirut) RSUD Lembang Eisen Hower Sitanggang kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Aa Umbara dikabarkan sudah menjalani terapi plasma sebagai upaya mendapatkan kesembuhan dari paparan COVID-19. Dengan menjalani terapi dari plasma orang yang sudah pernah terpapar COVID-19 diharapkan bisa meningkatkan imunitas tubuh.

"Dua hari lalu kita sudah mengambil plasma orang yang sempat terpapar COVID-19 dan dimasukkan ke tubuh Pak Bupati agar masa pemulihannya berjalan maksimal," ujarnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pengawasan dan penanganan masa pemulihan Aa Umbara yang menjalani perawatan di rumah pribadinya usai dinyatakan positif COVID-19 beberapa pekan lalu.

"Hal yang terpenting adalah kondisi tubuhnya dalam keadaan prima dan kita juga terus melakukan pemeriksaan antibodi beliau," bebernya.

Seperti diketahui, Aa Umbara dinyatakan positif COVID-19 pada awal tahun baru 2021. Kabar tersebut disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (13/1/2021).

Namun pengumuman tersebut terkesan ditutup-tutupi karena terlambat disampaikan ke publik, mengingat Aa Umbara sudah positif COVID-19 selama 12 hari.

(ern/ern)