Sampah Dibiarkan Menumpuk di Pantai Labuan Pandeglang

Rifat Alhamidi - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 15:07 WIB
Sampah di Pantai Labuan Pandeglang
Sampah menumpuk di Pantai Labuan Pandeglang. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang -

Sampah dibiarkan menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Desa Teluk, Pandeglang, Banten. Selain menutupi bibir pantai, sampah juga telah mencemari lautan karena dibiarkan begitu saja sejak beberapa tahun silam.

Pantauan detikcom, tumpukan sampah berbagai jenis mulai plastik, pakaian hingga bantal, ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga sekitar yang mengadu nasib di tempat pelelangan ikan tersebut. Mereka pun terbiasa melakukan aktivitas seperti menjemur ikan asin dan melaut meski bau busuk tumpukan sampah amat menyengat ke indera penciuman.

"Masalah sampah di sini mah sudah ada dari saya masih kecil. Sampahnya emang sudah biasa dibuang ke laut," kata Rustam (44), warga setempat, saat ditemui wartawan di Pandeglang, Banten, Minggu (17/1/2021).

Sambil memegang cangkul untuk membersihkan tumpukan sampah yang mulai naik ke pekarangan rumahnya, ia mengungkapkan warga setempat tidak bisa berbuat banyak atas kondisi tersebut. Sebab, tidak ada tempat penampungan yang disiapkan pemerintah setempat untuk mengangkut tumpukan sampah yang diperkirakan mencapai puluhan ton itu.

"Warga di sini bukannya enggak sadar, tapi memang enggak ada tempat penampungannya. Akhirnya kan dibuang ke laut lagi, toh pada mikirnya nanti bakal ketarik sama ombak (sampahnya)," ujar Rustam.

Awal 2020, Pemerintah Desa Teluk, Labuan, pernah menyiapkan tempat penampungan sampah bagi warga setempat. Namun, akhirnya menimbulkan masalah karena tak pernah diangkut dan ditinggalkan begitu saja.

"(Tempat penampungan sampah) Pernah jalan, ada yang ngangkut waktu itu. Tapi cuma dua bulan doang, akhirnya kan dibiarin gitu saja. Daripada nambah makin bau, akhirnya (sampahnya) dibuang lagi ke laut sama warga," tutur Rustam.

Sampah menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Banten. Sampah plastik hingga pakaian dan bantal mencemari kawasan tersebut. Berikut potretnya.Sampah menumpuk di sepanjang Pantai Labuan, Pandeglang, Banten. Sampah plastik, pakaian hingga bantal mencemari kawasan tersebut. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2