Data Lengkap Pasien Positif Corona di Pandeglang Bocor ke Publik

ADVERTISEMENT

Data Lengkap Pasien Positif Corona di Pandeglang Bocor ke Publik

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 14:54 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on  COVID-19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)

Semenjak kemunculan data berjudul 'Hasil Positif 30 Des Buat Puskemas' tersebut, NR mengaku harus menghadapi kondisi dimana para tetangganya menjadi ketakutan dan menjauh dari rumahnya. Padahal, dia sedang membutuhkan dukungan agar ibunya saat itu bisa sembuh dari Corona.

"Tapi Alhamdulillah, sekarang ibu saya sudah dinyatakan sembuh. Kemarin sudah isolasi mandiri di rumah, terus hasil tes terakhirnya dinyatakan negatif," tutur NR.

Dalam rekapan data tersebut, memang dicantumkan secara jelas identitas warga Pandeglang yang diduga terkonfirmasi kasus Corona. Mulai dari nama, nomor KTP, alamat hingga tempat pemeriksaan sampel di sejumlah fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan itu meliputi Puskesmas Sindangresmi, Angsana, Labuan, Panimbang, Cigeulis, Cibaliung, Munjul, Saketi, Menes, Jiput, Sobang dan Cikeusik.

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Pandeglang Banten Achmad Sulaeman membenarkan data tersebut berasal dari sejumlah puskesmas di Pandeglang. Dia beralasan data itu disebar agar masyarakat bisa lebih waspada karena ada yang positif Corona di lingkungannya.

"Itu memang data lama, tadinya hanya untuk kebutuhan satgas saja. Tapi kalau udah terlanjur begitu (bocor di publik), enggak apa-apa juga hitung-hitung untuk kewaspadaan kita bersama," kata Achmad.


(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT