Data Lengkap Pasien Positif Corona di Pandeglang Bocor ke Publik

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 14:54 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on  COVID-19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Pandeglang -

Sejumlah nama yang diduga merupakan pasien Corona di Pandeglang, Banten, bocor ke publik. Bahkan, data pribadi itu disebarluaskan secara bebas di sejumlah WhatsApp grup masyarakat Pandeglang.

NR (32) misalnya. Warga Kecamatan Cibaliung ini merasa dirugikan karena data beserta nama ibunya terpampang dengan jelas setelah dinyatakan positif Corona, beberapa waktu silam. "Jelas dirugikan lah, soalnya itu nama jelas banget. Saya kan niatnya mau merawat ibu pas isolasi mandiri di rumah, tapi jadi enggak tenang karena data itu tersebar," kata NR, kepada detikcom, Jumat (15/1/2021).

NR mengaku menerima data itu sekitar dua minggu yang lalu berbarengan dengan status ibunya yang dinyatakan positif corona. Data itu, dia dapatkan secara bebas di grup WA perkumpulan pemuda di kampungnya.

Tadinya, NR menganggap data yang dia terima itu hanya berita bohong. Namun, setelah dia telusuri lagi, rupanya ada nama ibunya di dalam data itu lengkap beserta alamat, nomor KTP hingga tempat asal pemeriksaan sampel Corona.

"Tadinya belum terlalu percaya, tapi pas teman ngehubungin dan nanya ke saya ada yang kenal enggak nama di data itu, saya kaget ada nama ibu saya ternyata. Ini kok bisa tersebar luas gitu ya," ucap NR.

Selanjutnya
Halaman
1 2