Vaksinasi Corona Digelar di 44 Puskesmas dan 3 RSUD Tangerang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 20:56 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
ilustrasi (Foto: iStock)
Tangerang -

Vaksinasi di Kabupaten Tangerang dilakukan di 44 puskesmas dan 3 RSUD. Selain itu ada rumah sakit swasta yang bekerja sama dengan Pemda juga melakukan vaksinasi.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, totalnya vaksinasi dilakukan di 60 fasilitas kesehatan. Vaksinator yang disediakan ada 150 orang. Sedangkan tenaga kesehatan dan tenaga pendukung seluruh kabupaten ada 15 ribu yang diusulkan divaksinasi.

"Penyuntikan tenaga kesehatan (di Tangerang) akan dikoordinir provinsi setelah yang di Tangsel dan Kota Serang. Ajuan kita 15 ribu nakes baik di Pemda, RSUD dan puskesmas," kata Zaki kepada wartawan di Tangerang, Banten, Kamis (14/1/2021).

Zaki menyebut tidak ada yang perlu ditakuti dari vaksinasi Sinovac. Pimpinan daerah yang bertanggung jawab memberikan edukasi dan informasi bahwa vaksin aman. Ia yang divaksin hari ini pun merasa bahwa vaksinasi bagian dari tanggung jawab kepala daerah.

"Pimpinan daerah ini bertanggung jawab memberikan informasi dan rasa aman ke masyarakat," ujarnya.

Vaksinasi yang ia jalani pun diakui berjalan cepat dan tidak membuat khawatir. Ia yakin bahwa vaksin sudah diuji secara benar.

Vaksinasi di Banten untuk kepala daerah dan Forkompinda dilakukan di Kota Tangerang. Hadir Zaki sendiri, Bupati Tangerang Irna Narulita, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Bupati Serang Tatu Chasanah, Walkot Serang Syafrudin dan Walkot Tangerang Arief Wismansyah dan Walkot Tangsel Airin Rachmi Diany.

Dari unsur Pemprov Banten vaksinasi pertama dilakukan ke Sekda Almuktabar, Kadinkes Ati Pramudji Hastuti, Kapolda Banten, Danrem 064 Maulana Yusuf, Ketua DPRD Banten dan Kajati Banten.

(bri/mud)