Divaksinasi COVID-19, Kapolda Jabar: Tak Lebih Berasa dari Rapid Test

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 14:06 WIB
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri sebut vaksinasi Corona tak lebih sakit dari rapid test
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri sebut vaksinasi Corona tak lebih sakit dari rapid test (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri menjadi salah satu penerima vaksin COVID-19 pertama di Jawa Barat. Ia divaksinasi berbarengan dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja serta tokoh masyarakat dan ulama di RSHS Bandung, Kamis (14/1/2021).

Dofiri mengatakan suntikan jarum untuk COVID-19 tak terasa dibandingkan jarum rapid test yang dikenakan di permukaan jari. "Yang saya rasakan rasakan tadi, rapid test lebih terasa yang ini tidak terasa," ujar Dofiri usai menerima vaksin.

Usai menerima vaksin, Dofiri diminta menunggu 30 menit untuk melihat apakah ada gejala atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang langsung dirasakan. Namun, setelah satu jam berlalu tak ada efek samping yang dirasakannya.

"Katanya ada pegal-pegal, tapi saya belum ada gejala-gejala, tidak ada pegal, tapi dokter menyarankan sampai tiga hari bisa saja ada pegal, tapi mudah-mudahan tidak. Saya berharap kondisinya biasa saja, oleh karena itu, saya imbau jangan takut," katanya.

Ia memastikan agar masyarakat tak khawatir dengan keamanan vaksin COVID-19 ini, pasalnya selain telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM RI, MUI pun telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan kehalalan dari vaksin tersebut.

Informasi sesat mengenai vaksin COVID-19 ini pun masih berseliweran, Dofiri pun mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Saya imbau tidak ada pihak yang memprovokasi terkait vaksin ini, tentuya ada langkah hukum kalau memang itu betul-betul meresahkan dan secara hukum bisa memenuhi unsur diambil tindakan," katanya.

Simak video 'Jadi Orang Pertama RI yang Divaksin Corona, Apa Kesan Jokowi?':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)