Gubernur Banten: Tak Ada Alasan Menolak Divaksinasi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 11:31 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim
Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Tangerang -

Sebanyak 14 orang terdiri dari kepala daerah di Banten, Kapolda, Kajati dan pimpinan DPRD menjadi orang pertama divaksinasi. Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan tidak ada alasan bagi siapapun termasuk warga untuk menolak vaksinasi.

"Tidak ada alasan menolak untuk divaksinasi. Dengan divaksinasi, dia aman dan tidak terpapar dan menularkan ke pihak lain. Begitu pun pihak lain, kita jaga, kita hormati sesama kita, dalam keadaan darurat seyogyanya warga bersedia divaksinasi," kata Wahidin di Pendopo Kabupaten Tangerang, Jalan Kisamaun Nomor 1, Kota Tangerang, Kamis (14/1/2021).

Ia menyebut ikut divaksinasi harusnya jadi kewajiban. Ia justru mempertanyakan kenapa ada warga atau orang yang menolak untuk divaksinasi.

"Untuk kepentingan umum itu hukum tertinggi bagi warga NKRI," ujarnya.

Wahidin menegaskan vaksin ini jadi cara untuk menekan angka penularan. Saat ini katanya rumah sakit penuh pasien dan anggaran besar sudah keluar untuk penganan dan penanggulangan Corona. Bahkan, jika kepala daerah mendesak warga untuk divaksinasi ini bukan pelanggaran HAM.

"Pemerintah saatnya tegas bagi rakyat yang tidak mau (divaksinasi) nggak ada pelanggaran HAM. Fakta di lapangan ini sudah dalam keadaan mendesak darurat," kata Wahidin.

(bri/bbn)