Momen Wagub Uu Dipijat Punggungnya oleh Ridwan Kamil Sebelum Vaksin Corona

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 10:43 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pijitin Wagub Uu Ruzhanul Ulum jelang disuntik vaksin.
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil pijitin Wagub Uu Ruzhanul Ulum jelang disuntik vaksin (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Penyuntikan vaksin perdana di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan di RSHS Bandung pada Kamis (14/1/2021). Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjadi orang yang pertama kali mendapatkan vaksin di Jabar, kemudian diikuti oleh unsur Forkompimda, tokoh agama dan tokoh publik.

Dari informasi yang dihimpun, selain Wagu Uu, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri serta tokoh masyarakat dari PBNU, Muhamaddiyah, Keuskupan, berikut organisasi profesi seperti IDI, IBI, PPNI dan Ketua Umum Viking Heru Djoko pun datang ke lokasi penyuntikan.

"Ya izin menyapa rekan-rekan media pagi ini kita akan memulai perdana vaksinasi COVID-19 di seluruh Jawa Barat tahap satu ada tujuh daerah plus
kegiatan di RSHS akan dilaksankan seperti yang diketahui Pak Wagub, Kapolda dan tokoh masyarakat dan agama akan memulai hari ini," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyapa awak media di RSHS Bandung.

Ridwan Kamil sendiri tak akan menerima vaksin. Pasalnya dia telah menjadi relawan vaksin COVID-19 pada uji klinis fase tiga yang dilakukan FK Universitas Padjadjaran.

Pantauan detikcom, para pejabat dan tokoh tersebut diperiksa kesehatannya. Mulai dari cek tekanan darah hingga EKG. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun tampak mendampingi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh wakilnya.

Ia pun memijat punggung Uu agar lebih rileks. "Prosedur pertama pengecekan kesehatan itu yang akan menentukan secara fisik di pagi ini apakah fit atau tidak jadi belum tentu semua bisa dilakukan vaksinasi kalau kondisi fisik belum menentukan," kata Kang Emil.

Uu sendiri tidak melakukan persiapan yang spesifik untuk menerima vaksin COVID-19 ini. Ia hanya menjalankan rutinitasnya seperti berolahraga dan main ping-pong.

"Saya tidak ada persiapan yang spesifik, kecuali saya melaksanakan kegiatan sehari-hari. Tapi ada sedikit beda, saya biasa melaksanakan kegiatan sampai sore jam 4 kalau sekarang hanya sampai setengah satu sampai Dzuhur," kata Uu.

"Kemudian juga olah raga saya pingpong, karena olah raga ini untuk meningkatkan imunitas kita. Persiapan administrasi saya memberikan foto bukti KTP untuk disampaikan kepada pemerintah pusat," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jabar mendapatkan vaksin sebanyak 97.080 dosis. Ribuan vaksin tersebut merupakan jatah dari pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi tahap pertama.

(yum/mso)