Disuntik Vaksin Pertama, Wawalkot Bogor Dedie: Saya Merasa Terhormat

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 10:30 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim siap divaksin pertama
Foto: Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (M Solihin/detikcom).
Bogor -

Vaksinasi tahap pertama di Kota Bogor dilakukan hari ini di Puskesmas Tanahsareal, Jalan Kesehatan, Kota Bogor. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjadi orang pertama di Kota Bogor yang akan disuntik vaksin COVID-19 Sinovac.

Ia menggantikan posisi Wali Kota Bogor Bima Arya yang tidak masuk daftar penerima vaksin tahap pertama karena pernah dinyatakan positif COVID-19.

"Saya tentu merasa terhormat mendapatkan kesempatan pertama di Kota Bogor untuk mendapatkan vaksin ini. Terimakasih untuk semua pihak," kata Dedie A Rachim, Kamis (14/1/2021).

"Pesannya tentu masyarakat tidak perlu ragu, tidak perlu takut. Insya Allah sudah dicontohkan oleh Bapak Jokowi, juga para menteri, dan hari ini Insya Allah di Kota Bogor pun Forkopimda dan saya akan jadi yang pertama," sambungnya.

Dedie menyebut, tidak ada persiapan khusus sebelum disuntik vaksin. Secara umum, ia lakukan persiapan agar kesehatannya tetap terjaga, mulai dari konsumsi asupan gizi, mengatur pola makan dan istirahat yang cukup.

"Secara pribadi saya tidak ada masalahnya, karena saya sudah browsing, saya juga bertanya ke beberapa orang yang ahli, yang pakar bahwa sebetulnya efektivitas dari vaksin ini kan lumayan sudah teruji, efikasinya juga kan sudah di atas 50 persen," ungkap Dedie.

"Jadi kita percaya vaksin ini Insya Allah bisa memberikan harapan baru kepada masyarakat Indonesia, dan lebih lagi kita memberikan contoh, khususnya kepada masyarakat terhadap vaksin ini," kata Dedie menambahkan.

Sekedar diketahui, Dedie menjadi salah satu pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor yang akan disuntik vaksin pada tahap pertama hari ini.

Sebanyak 1.160 dosis vaksin Sinovac diterima Pemerintah Kota Bogor pada tahap pertama. Pada tahap ini, penyuntikan vaksin diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di Kota Bogor dan pejabat publik yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Dari ribuan dosis tersebut, sebanyak 1.150 dosis vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan di Kota Bogor. Sementara 10 dosis vaksin diberikan kepada pejabat Forkopimda Kota Bogor. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan dimulai hari ini di Puskesmas Tanahsareal, Kota Bogor, Jalan Kesehatan, Kota Bogor.

Simak juga video 'Jadi Orang Pertama RI yang Divaksin Corona, Apa Kesan Jokowi?':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)