Banjir di Tasikmalaya Meluas, 400 Rumah Warga Terendam

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 10:15 WIB
Tasikmalaya -

Banjir imbas Luapan Sungai Cikidang dan Citanduy di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya semakin meluas. Sebanyak 400 rumah warga di Dusun Bojongsoban dan Hegarsari terendam air dengan ketinggian sekitar 80 centimeter hingga 1,5 meter.

"400 dari dua kedusunan, kedusunan Bojongsoban dan Hegarsari terendam air," kata Amas, Kades Tanjungsari, Kamis (14/1/2021).

Selain rumah, banjir juga rendam hektaran lahan sawah dan memutus jalan desa. Akibat air menggenang tinggi, kendaraan roda dua tidak bisa melintas. Bahkan ada beberapa kendaraan mogok di tengah jalan.

"Mogok pak tadi maksa masuk. Mau kerja sih keburu-buru," kata Irman, seorang pengendara saat ditemui di lokasi.

Banjir langganan ini tidak membuat warga ketakutan. Bahkan, sejumlah ibu justru mengasuh anaknya di lokasi banjir. Mereka gunakan kolam plastik untuk bermain dengan anaknya.

"Langganan pak inimah. Udah kayak musiman saja. Kalau hujan deras itu pasti ajah banjir. Ah cape pak," ucap Iim, seorang warga.

Iim berharap ada langkah yang dilakukan pemerintah. Dia meminta agar pemerintah dan pihak terkait bisa mengeruk sungai yang sudah mulai dangkal.

"Keruklah pak sungai yang dangkal biar enggak banjir wae (terus)," ujar Iim.

(mso/mso)