2 Pasien Positif Corona di Kuningan Meninggal

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 16:23 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan jenazah positif Corona. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Kuningan -

Dua pasien positif Corona atau COVID-19 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, meninggal pada Rabu (13/1/2021). Keduanya merupakan pasien positif yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan dua pasien yang meninggal itu berjenis kelamin perempuan usia 70 tahun, warga Kecamatan Cigugur, dan lelaki usai 50 tahun, warga Kecamatan Kuningan.

"Hari ini ada laporan dua pasien meninggal. Satu perempuan dan satu lelaki," kata Indra saat diwawancarai detikcom di kantor BPBD Kabupaten Kuningan.

Ia menjelaskan dua pasien itu sebelumnya dirawat di dua rumah sakit berbeda yakni RSUD 45 dan RS Juanda Kuningan. Mereka diketahui memiliki riwayat penyakit bawaan.

"Sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit sekitar tiga-empat hari. Tapi untuk yang perempuan pernah dirujuk ke Cirebon sebelum dikembalikan ke RSUD 45 Kuningan," tutur Indra.

Ia mengatakan dua pasien positif COVID-19 yang meninggal tersebut sudah dimakamkan sesuai prosedur pemakaman jenazah COVID-19. Mereka dimakamkan di masing-masing wilayahnya.

Dalam proses pemakaman, menurut Indra, tidak ada penolakan dari masyarakat setempat. Sejauh ini, Indra menjelaskan, hampir tidak ditemukan masyarakat yang menolak jenazah positif COVID-19 dimakamkan di tempat pemakaman umum.

Meninggalnya dua pasien tersebut, menambah total kasus kematian akibat virus Corona di Kuningan. Hingga hari ini sudah 39 warga Kuningan meninggal dunia akibat COVID-19.

(bbn/bbn)