Selain Serang-Tangsel, 6 Daerah di Banten Terima Vaksin Saat Februari

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 12:17 WIB
Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti
Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan enam daerah yang belum menerima jatah vaksin akan diberikan pada awal Februari. Dari 14 ribu vaksin tahap satu termin pertama baru bisa diberikan untuk Tangsel dan Kota Serang.

Enam daerah tersebut adalah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Serang, Cilegon, Pandeglang, dan Lebak. Distribusi akan dilakukan pada akhir Januari ke Pemprov Banten.

"Tahap satu termin duanya rencana akhir Januari. Bisa pelaksanaan di 6 kabupaten kota lainnya awal Februari," kata Ati di Gedung Negara, Jalan Brigjen Syam'un, Kota Serang, Banten, Rabu (13/1/2020).

Dari 14 ribu vaksin termin pertama yang didapat Provinsi Banten, 8 ribu sudah didistribusikan ke Tangsel dan 3 ribu lebih ke Kota Serang. Ati mengatakan bahwa ada 2 ribu sisa vaksin di Dinkes yang rencananya akan jadi buffer stok untuk tenaga kesehatan yang belum terdaftar berdasarkan aplikasi PeduliLindungi.

"Sesuai arahan Kemenkes bahwa itu adalah stok di farmasi tujuannya untuk tenaga kesehatan yang belum terdaftar itu dapat digunakan," ujarnya.

Vaksinasi tahap pertama akan dilakukan di Pendopo Bupati Tangerang. Imunisasi awal ini mulai dari bupati, Kapolda, Kajati Banten, dan Ketua DPRD Banten.

"Besok di Tangerang seluruh kepala daerah, besok pukul 9 pagi tepat," ujar Ati.

Ada 4 meja yang disiapkan selama vaksinasi. Pertama disiapkan untuk pendaftaran, kedua untuk skrining yang dilakukan oleh dokter spesialis yang memeriksa penyakit tidak menular seperti kolesterol dan gula darah.

"Meja ketiga vaksinasi dan meja keempat untuk memantau selama 30 menit apakah ada reaksi (pascavaksin)," kata Ati menjelaskan.

(bri/bbn)