Anjing Pelacak 'Brother Dog' Cari Korban Longsor di Sumedang

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 14:53 WIB
Anjing Pelacak di Lokasi Longsor Sumedang
Anjing pelacak jenis pitbull ini membantu mencari korban longsor di Sumedang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Sumedang -

Seekor anjing pelacak milik anggota Komunitas Brother Dog Bandung diterjunkan ke lokasi longsor di Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Anjing itu membantu mencari keberadaan korban yang tertimbun longsor.

Wenda Hermawan (31), handler dari komunitas tersebut, sengaja membawa anjing betina jenis pitbull bernama Xena ke lokasi longsor. "Kita ke sini datang sebagai relawan, gabung bersama Badan Penanggulangan Bencana PDIP," kata Wenda kepada detikcom, Selasa (12/1/2021).

Wenda menyebut anjing berusia delapan tahun itu melakukan pelacakan sejak pagi tadi. "Xena pernah ikut SAR di Lembang saat kejadian longsor," ujar Wenda.

Dia menyebut kondisi area longsor masih belum memungkinkan dijelajah Xena. Sebab, sambung dia, kondisi tanah sangat tebal dan basah.

"Kondisi di lapangan masih tidak memungkinkan. Kita ke atas, mentok karena tanah cukup dalam," ucapnya.

Sejak tadi pagi, Wenda menyebut anjingnya menemukan tiga titik yang diendus dan dicurigai ada mayat korban. "Tadi pagi saya eksplorasi, ada tiga titik, belakang rumah dan kubangan, serta di belakang masjid. Di sana pasti ada, karena baunya cukup menyengat," tutur Wenda.

Di tiga titik itu, Xena terus memberikan respon dan sinyal kepada sang pawang. "Responsnya terus penasaran, mengendus, memberi tanda ke handler atau pawang, untuk ditandai," ucap Wenda.

(wip/bbn)