Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Tasikmalaya Terekam CCTV

Deden Rahadian - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 15:26 WIB
Pencurian kotak amal di masjid Tasikmalaya.
Foto: Pencurian kotak amal di masjid Tasikmalaya (Istimewa).
Jakarta -

Aksi pencurian kotak amal di Masjid Al-Adnan, Neglasari, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya terekam CCTV. Aksi pencurian itu merupakan yang kedua kalinya di masjid tersebut.

Pelaku pencurian terdiri dari dua orang. Pelaku terlihat masih remaja mengenakan kaos warna hitam putih dan kaos hitam berkupluk. Keduanya sempat berkomunikasi di halaman masjid sebelum beraksi.

"Iya bahkan sudah ramai dibicarakan di media sosial. Anggota kami dari Polsek Salawu sudah mendatangi TKP karena dari DKM setempat belum melaporkan kasusnya," kata AKP Dedi Hidayat, Kapolsek Salawu di Lokasi kejadian, Senin (11/01/21).

Pelaku terekam kamera menggunakan sepeda motor. Keduanya mencuri kotak amal yang ada di toilet masjid. Pelaku membawa kotak amal ke dalam toilet untuk dibongkar. Aksinya terbilang nekad karena terjadi siang hari.

"Dari hasil penyelidikan dari rekaman CCTV, ada dua orang pelaku yang terlihat mencuri kotak amal. Dan kasus ini sedang kita dalami, untuk mencari jejaknya," ucap Dedi.

Sementara itu, Jafran (20), seorang warga menuturkan bahwa masyarakat sekitar DKM masjid ini sudah menemukan kecurigaan terhadap pelaku yang mencuri kotak amal.

"Sudah pak, warga sudah tahu ada Facebook-nya juga, tapi bukan orang sini. Mudah-mudahan segera ketangkap lah sama polisi biar kapok, yang dicuri itu uang sumbangan di kotak amal masjid," tutur dia.

Ironisnya lagi, aksi pencurian kotak amal di masjid ini sudah terjadi dua kali dalam sepekan terakhir. Bahkan, Pelaku pertama sempat mengambil kotak amal berukuran besar yang dimasukkan kendaraan mini bus. Diperkirakan uang di dalam Kotak amal berjumlah jutaan rupiah.

"Udah dua kali pak dicuri kotak amal di sini. Kita berharap pelakunya ditangkap," ujar Jafran.

(mso/mso)