Dear Millenial, Ini Tren Bisnis yang Diprediksi Moncer di 2021

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 13:19 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung - Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Acuviarta Kartabi mengungkapkan tren berbisnis di kalangan generasi milenial tahun 2021 akan terus tumbuh dan berkembang dari berbagai sektor. Apalagi, generasi yang lahir di awal tahun 90-an memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi pada perkembangan teknologi.

Dia mengatakan ada beberapa tren bisnis yang berpeluang dan menarik banyak minat golongan milenial mulai dari sektor industri kreatif hingga industri pertanian. Menurutnya, adaptasi dan inovasi dengan pemasaran digital sangat penting dan menjadi prasayarat milenial untuk bergabung di dunia bisnis.

"Saya (kira) bisnis-bisnis yang menarik banyak minat yang berkaitan dengan pasar komunitas generasi milenial, seperti fashion, kuliner, pemasaran digital, wisata virtual, game online dan beragam produk creative digital content lainnya," kata Kartabi saat dihubungi detikcom, Senin (11/1/2021).

Selain itu dia memprediksi di tahun ini, akan banyak kalangan milenial yang masuk ke sektor pertanian yang disebut-sebut menjadi petani milenial. Kelebihannya, kata dia, mereka bisa memasarkan produk-produk pertanian secara online.

"Mereka bisa pasarkan produk secara online dengan mengembangkan metode pengemasan dan variasi produk yang lebih beragam. Kebutuhan masyarakat rumah tangga saat ini sebagian besar untuk kebutuhan pokok yaitu komoditas bahan makanan dan minuman. Jadi, saya melihat banyak pelaku milenial masuk ke proses bisnis di sektor itu," jelasnya.

Wakil Ketua Divisi Kajian Ekonomi dan Jasa Keuangan Komite Pemulihan Ekonomi Jabar ini juga berpandangan, tren kegiatan pertemuan secara virtual membuka pintu besar bagi milenial untuk menjadi sosok di balik suatu kegiatan virtual atau yang biasa disebut event organizer.

"Saat ini banyak pertemuan dan acara-acara dilakukan secara virtual, saya melihat belakangan generasi milenial juga mulai masuk ke bisnis penyediaan paket-paket acara virtual. Mulai dari menyediakan fasilitas acara daring hingga kontennya untuk kebutuhan acara rapat maupun event virtual," ungkapnya.

Pertumbuhan bisnis bagi kalangan milenial menurutnya telah terbuka lebar. Apalagi seiring dengan hadirnya vaksin dan pencanangan pemulihan ekonomi nasional yang diprediksi akan mengalami kemajuan di 2021.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial saat menggunakan teknologi sebagai moncong bisnisnya yaitu perlu mempersiapkan perlindungan konsumen, pengembangan teknologi harus bijak, dan membangun literasi adaptasi teknologi dan pengembangan produk yang sesuai dengan kultur konsumen di Indonesia.

"Anak muda generais milenial dengan segala kelebihan idealisme dan kreativitasnya juga harus melihat tatanan dan pola karakter konsumen lintas generasi. Saya kira itu sering sering menjadi kelemahan sehingga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam mendevelop produk atau komoditas," ujarnya. (mso/mso)