Kasus Tinggi, Pemkot Cirebon Perpanjang Sewa Hotel Jadi Tempat Isolasi

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 15:58 WIB
Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi
Foto: Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi (Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Pemkot Cirebon berencana memperpanjang penyewaan dua hotel sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif COVID-19 tanpa gejala. Pemkot mengaku menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan dua hotel yang disewa sebagai tempat isolasi pasien positif COVID-19 tanpa gejala itu berakhir pada akhir Januari nanti.

"Usulan dari Dinkes itu perpanjang (sewa) sampai Maret. Kita melihat kondisi sekarang, (kasus) masih tinggi," kata Agus kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).

Sekadar diketahui, sejak Oktober lalu Pemkot Cirebon bekerja sama dengan dua hotel di Cirebon, yakni Onos dan Langensari sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif COVID-19. Kontrak penyewaan berdurasi dua bulan. Kemudian, pemkot memperpanjang penyewaan selama satu bulan, hingga akhir Januari.

Dua hotel tersebut menyediakan 92 kamar, dengan rincian Hotel Ono menyewakan 52 kamarnya dan Langensari 40 kamar. Perpanjangan penyewaan hotel sebagai tempat isolasi itu mengingat saat ini kasus COVID-19 di Cirebon masih tinggi.

"Kita sudah siapkan anggaran Rp 4 miliar dari anggan Belanja Tak Terduga (BTT). Satu bulan itu sewanya Rp 2 miliar. Rencana dua bulan (perpanjang) sampai Maret," kata Agus.

Dikutip dari laman covid19.cirebonkota.go.id menyebutkan hingga Jumat (8/1/2021) kasus pasien positif COVID-19 di Kota Cirebon mencapai 2.358 orang. Sebanyak 396 pasien masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri, 1.872 pasien sembuh, dan 90 pasien meninggal.

(mso/mso)