Sumedang Siapkan 38 Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 14:26 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Foto: Ilustrasi (iStock).
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang terus melakukan berbagai langkah persiapan untuk menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap pertama di wilayahnya. Mulai dari melakukan verifikasi data calon penerima vaksin hingga menyiapkan sarana prasarana pendukung program vaksinasi.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang,Iwa Kuswaeri menyatakan Pemkab Sumedang sudah siap melaksankan vaksinasi COVID-19.

"Sedikitnya 38 fasilitas pelayanan kesehatan telah disiapkan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Sumedang, yakni 35 di Puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan, 1 RSUD, dan 2 Klinik Polres Sumedang dan Satbrimob Polda Jabar, Kecamatan Jatinangor," kata Iwa Kuswaeri melalui sambungan selular, Jumat (7/1/2021).

Hingga saat ini, kata Iwa, Pemkab Sumedang juga telah menyiapkan petugas vaksinator untuk bertugas di setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang telah ditunjuk.

"Tenaga vaksinator telah disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di 38 fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) tersebut," katanya.

Selain itu, ia menambahkan, setiap Fasyankes yang ditunjuk dipastikan memiliki sarana prasarana yang memadai. Terutama menjaga vaksin.

Kemudian, tambah Iwa, sesuai arahan pemerintah pusat, prioritas penerima vaksin tahap pertama adalah tenaga kesehatan.

"Vaksinasi tahap pertama diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dulu, yang lainnya akan dilakukan pada tahap selanjutnya," ujar Iwa.

(mso/mso)