Kasus Kredit Fiktif Rp 8,7 M, Eks Kacab Bank BUMD Ditahan Kejati Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 18:30 WIB
Eks Kacab Bank BUMD
Tersangka KA ditahan Kejati Banten (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Kejati Banten resmi melakukan penahanan kepada tersangka KA, eks kepala cabang (kacab) Tangerang untuk Bank BUMD, terkait kasus kredit fiktif senilai Rp 8,7 miliar. Tersangka mengembalikan sisa kerugian negara Rp 1 miliar 60 juta.

Kajati Banten Asep Nana Mulyana menerangkan, penahanan KA dilakukan setelah pihaknya menahan DAW yang mengajukan kredit fiktif ke bank BUMD Jabar oleh perusahaan PT DAS dan PT CR masing-masing Rp 4,5 dan Rp 4,2 miliar tahun 2015. Ia ditahan di rutan Pandeglang sebelum menjalani proses persidangan.

"Disamping melakukan proses penahanan kami juga berupaya mengembalikan kerugian keuangan negara. Sore hari ini kita berhasil mengamankan Rp 1 miliar 60 juta dari sebagian kerugian keuangan negara tersebut," kata Asep di Jalan Serang-Pandeglang, Selasa (5/1/2021).

Dia mengungkapkan uang Rp 1 miliar lebih itu adalah uang yang tersangka terima dari kongkalikong bersama tersangka DAW saat mengajukan kredit fiktif ke bank. Sementara tersangka mengakui menerima hanya senilai tersebut.

"Ini salah satu atau sebagian uang kredit dari dua perusahaan tersebut, KA mengakui menerima dan mengembalikan uang, sementara Rp 1 miliar 60 juta," ujar Asep.

Selanjutnya
Halaman
1 2