Senpi Ilegal Made in Ciamis Dirakit ABK Jebolan Rusia

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 11:03 WIB
Senpi Laras Panjang di Ciamis
Sindikat penjual senpi ilegal yang ditangkap tim Resmob Ditreskrimum Polda Jabar. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Polisi membongkar sindikat perakit senjata api (senpi) laras panjang. Salah satu pelaku belajar merakit senpi saat berada di Rusia.

Ada enam orang pelaku yang ditangkap berinisial DRJ, ASU, IN, SU, DS dan SE. Mereka ditangkap personel Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar di 'pabrik' senpi ilegal, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Rabu (23/12). Menurut polisi, aktor utama perakit berinisial DRJ.

"Satu (orang) punya peran penting. Dia bisa merakit karena pernah belajar di Rusia. Pada saat itu yang bersangkutan bekerja sebagai ABK (anak buah kapal) dari satu kapal, belajar di sana dan didalami secara autodidak," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (30/12/2020).

DRJ mengembangkan ilmunya itu usai mendarat di Indonesia pada 2019. Dia kemudian mengajak rekannya, ASU dan IN, yang juga memiliki keahlian dalam perakitan senjata.

"ASU menerima jasa pembuatan chamber dan pengerjaan popor. Dirakit sesuai kondisi yang diperlukan. IN mempunyai keahlian yang sama membuat chamber dan popor dalam satu bengkel yang sama," tutur Erdi.