Kebijakan Sekolah Tatap Muka di Kota Bandung Dibahas dalam FGD

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 13:40 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menggelar Forum Group Discussion (FGD) membahas tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di Kota Bandung. FGD ini dihadiri pakar, akademisi dan unsur lainnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, FGD ini digelar untuk membahas terkait pelaksanaan KBM tatap muka yang digelar di masa pandemi.

"Yang dibahas terkait dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, bahwa untuk kegiatan belajar diserahkan kepada pemerintah daerah. Oleh karena itu, saya meminta kepada dinas terkait untuk melakukan FGD dalam rangka, dari FGD ini para pakar bisa menyampaikan esisting hasil kajian mereka bagian dari masukan mereka apakah layak atau tidak untuk belajar tatap muka," kata Oded di Jalan LRE Marthadinata, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020).

Pihaknya belum memberikan kebijakan, karena terkait KBM tatap muka di masa pandemi masih dibahas. Tak hanya kajian epedimologi, pihaknya juga membahas terkait infrastruktur.

"Termasuk, infrastruktur dan segala macam yang kita kaji hari ini," ujarnya.

Oded menyebut, dari kajian epedimologi Kota Bandung belum layak gelar KBM tatap muka, tapi itu baru dilihat dari satu aspek.

"Berbagi aspek kita lihat, epedimologi kita lihat, tadi yang baru dibahas epedimologi, rekomendasinya belum dibuka, baru dari epedimologi belum yang lain," tambahnya.

Oded menegaskan, pihaknya tidak akan terburu-buru membuka KBM tatap muka, apalagi Kota Bandung masih ada di zona orange.

"Enggak akan tergesa-gesa, ini harus berhati-hati, ini urusan krusial," tuturnya.

"Secara juklak juknis, bahwa yang diperbolehkan yang sudah zona hijau, sedangkan Kota Bandung masih orange. Tapi dalam rangka kita menunjukkan kesiapan, maka tidak ada salahnya walaupunasih orange kita mengadakan FGD ini," pungkasnya.

(wip/mud)