Kota Bandung Waspada Varian Baru Virus Corona

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 28 Des 2020 14:24 WIB
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background
Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung mewaspadai mutasi atau varian baru virus Corona. Diketahui, varian baru virus Corona ini dilaporkan muncul di beberapa negara Eropa dan Asia.

"Kita tidak ada laporan ya, itu kan enggak bisa diawasi kan, itu ketahuannya kalau secara mikrobiologi ketemu. Kemudian dilaporkan kalau ada strain baru, ya kita waspada saja. Strain apapun bisa terjadi, mau di Ingris di Australia," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara di kantornya, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (28/12/2020).

Varian baru Corona ini dilaporkan muncul di sejumlah negara. Sejauh ini ada beberapa negara Eropa yang sudah melaporkan temuan tersebut di antaranya Inggris, Spanyol, Swiss, Swedia hingga Perancis.

Sementara di negara lain seperti di Kanada hingga Afrika Selatan. Untuk di Asia, varian baru Corona ini juga dilaporkan muncul di Jepang, Malaysia, Singapura dan Lebanon.

Ahyani mengatakan pihaknya sejauh ini masih dalam tahap mewaspadai varian baru tersebut.

"Namanya strain baru ya kita enggak tahu mutasinya seperti apa, jadi waspada saja, lebih waspada," tuturnya.

"Dengan demikian jangan jadi kita bertanya apakah sudah ada di Bandung, mau ada maupun tidak ada kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan saja," katanya menambahkan.

Tonton juga 'Menkes Akan Konsultasi ke Ahli soal Varian Baru Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)