Satu Perkara Politik Uang Pilbup Pangandaran Ditangani Gakumdu Bawaslu

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 28 Des 2020 13:05 WIB
Ilustrasi money politics
(Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian)
Pangandaran -

Ketua Bawaslu Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan satu perkara dugaan politik uang di Pilbup Pangandaran saat ini sudah memasuki tahap penyidikan dan ditangani tim Gakumdu.

"Sejauh ini baru satu perkara yang naik ke penyidikan dan ditangani Gakumdu," kata Iwan, Senin (28/12/2020).

Iwan menjelaskan perkara yang sedang disidik itu terjadi di wilayah Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Namun Iwan enggan merinci siapa pelapor dan terlapor dalam kasus tersebut. Dia membantah rumor bahwa terlapor dalam perkara itu adalah calon Bupati.

Iwan mengatakan masa waktu penyidikan tersebut berlangsung selama 14 hari. "Sekarang belum selesai 14 hari, masih pemeriksaan saksi-saksi," kata Iwan.

Lebih lanjut Iwan memaparkan sebelumnya Bawaslu Pangandaran menerima setidaknya 28 pengaduan dugaan pelanggaran Pemilu. Namun setelah dilakukan pendalaman, pelaporan kasus tersebut banyak yang kandas di tengah jalan. Hanya beberapa yang bisa diproses lebih lanjut. "Diantaranya ada pihak pelapor yang mencabut laporan, saat klarifikasi tak hadir atau kurang didukung alat bukti," kata Iwan.

Dia mengakui pihak Bawaslu sempat kewalahan dalam menangani pelaporan-pelaporan tersebut. "Sering pulang pagi, namun sejauh ini masih bisa ditangani sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Iwan.

Sementara itu sengketa hasil Pilbup Pangandaran sudah didaftarkan oleh pihak paslon nomor urut 2 Adang Hadari - Supratman ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan Pilbup Pangandaran ini menjadi satu dari 102 hasil Pilkada serentak 2020.

(mud/mud)