Harga Telur dan Daging Ayam Naik di Ciamis Jelang Akhir Tahun

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 12:27 WIB
Sidak Pasar di Ciamis
Harga telur di Ciamis naik menjelang akhir tahun. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Tim gabungan dari Dinas Peternakan, Dinas Perdagangan Kabupaten Ciamis melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek harga dan ketersediaan barang di Pasar Manis, Rabu (23/12/2020). Petugas menyisir satu per satu komoditi pokok di Pasar Manis Ciamis yang antara lain harga beras, daging ayam, daging sapi, telur dan sayuran.

Hasilnya, sejumlah komoditi mengalami kenaikan sejak beberapa terakhir. Harga telur ayam yang biasa Rp 26 ribu per kilogram, saat ini Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan daging ayam yang biasa Rp 35 ribu, kini berkisar Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu.

"Tadi sudah melakukan pengecekan harga gabungan antar SKPD. Hasilnya memang ada kenaikan pada sejumlah komoditi. Tapi untuk ketersediaan masih ada," ujar Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian Komoditi Peternakan Disnakkan Ciamis Farid Bani Adam.

Farid menjelaskan berdasarkan hasil keterangan dari beberapa pedagang pasar, kenaikan telur dipicu oleh permintaan yang cukup tinggi menjelang akhir tahun. Selain itu adanya program bantuan yang langsung memberikan produk sehingga persediaan berkurang.

Sedangkan untuk daging ayam mengalami kenaikan di tingkat petani dan pemotongan yang berkisar Rp 23 ribu sampai Rp 25 ribu. Penyebab karena adanya kenaikan pada pakan.

Untuk mengatasi kenaikan harga, Pemkab Ciamis akan menggelar pertemuan antar SKPD terkait untuk membahas kenaikan komoditas itu. Sehingga ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menstabilkan harga.

Sidak Pasar di CiamisTim gabungan dari Dinas Peternakan, Dinas Perdagangan Kabupaten Ciamis melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek harga dan ketersediaan barang di Pasar Manis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
(bbn/bbn)