Tempat Wisata di Ciamis Tetap Buka Saat Libur Nataru

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:39 WIB
Wisata Ciamis
Salah satu tempat wisata di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Obyek wisata di Kabupaten Ciamis dipastikan tetap buka saat libur natal dan tahun baru (nataru) di tengah pandemi Corona. Bagaimana langkah Pemkab Ciamis berkaitan hal tersebut?

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Wasdi memastikan tidak ada penutupan lokasi wisata saat nataru. Meski saat ini angka kasus COVID-19 di Ciamis meningkat.

Wasdi mengirimkan surat edaran kepada pengelola wisata di Ciamis agar meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan. Serta melengkapi sarana prasarana cuci tangan dan jaga jarak di tiket masuk dan lokasi wisata.

Selain itu, pihaknya menerjunkan tim pemantau. "Sudah membentuk Tim Monitoring baik di Dinas Pariwisata maupun bekerja sama dengan Satgas COVID-19 setiap daerah," ujar Wasdi di kantornya, Rabu (23/11/2020).

Mereka akan bertugas mengawasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata. Juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para pengunjung. Hal ini untuk mencegah terjadinya klaster pariwisata.

"Pariwisata harus tetap berjalan jangan sampai ada klaster. Memperoleh kebaikan dari momen libur tahun baru, tapi meminimalisir kemudaratan. Sebagai bukti keseriusan kami berupaya maksimal agar protokol kesehatan di jalankan di setiap obyek wisata," kata Wasdi menegaskan.