Polisi Tangkap Pria yang Nyaris Culik Bocah di Bandung

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 21 Des 2020 12:30 WIB
Pria Diduga Penculik Anak di Bandung
Pria diduga penculik anak yang terekam kamera CCTV. (Foto: tangkapan layar video viral)
Cimahi -

Polisi menangkap pria yang diduga pelaku percobaan penculikan bocah perempuan berusia 4 tahun di Margaasih, Kabupaten Bandung. Sekadar diketahui, KS (4) nyaris diculik seorang pria saat bermain di depan rumahnya, Minggu (13/12). Bocah itu berontak hingga akhirnya pria tersebut kabur.

Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengatakan pelaku, inisial WI (25), diringkus polisi di kediamannya yang berada tak jauh dari kediaman korban. Penangkapan pria ini berlangsung usai percobaan penculikan atau dua hari setelah kejadian.

"Betul pelaku sudah kita amankan, dua hari setelah orangtua korban membuat laporan ke Polsek Margaasih. Pelaku berinisial WI, kita amankan di Desa Margaasih juga," ujar Yohannes saat ditemui di Pemkab Bandung Barat, Senin (21/12/2020).

Saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap pelaku untuk mengetahui motif terkait upaya percobaan penculikan terhadap KS tersebut. "Masih kita lakukan pemeriksaan pada pelaku. Untuk motifnya pelaku mengaku dia tertarik pada korban karena gemas dan lucu jadi berusaha membawanya. Tapi dari kronologis, itu jelas percobaan penculikan," kata Yohannes.

Pihaknya belum menemukan indikasi tindak asusila yang dilakukan pelaku terhadap korbannya. Sementara pelaku juga tengah dicek kejiwaannya, sebab saat diperiksa memberikan jawaban berbelit-belit.

"Indikasi tindak asusila atau pencabulan pada korban belum ditemukan. Kita masih gali lagi keterangan dari pelaku, termasuk pengecekan kondisi kejiwaan oleh ahli karena pelaku ini berbelit saat menjawab pertanyaan penyidik," tutur Yohannes.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 83 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 330 tentang Penculikan dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun.

(bbn/bbn)