Warga Pangandaran Dilarang Konvoi Perayaan Tahun Baru

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 21 Des 2020 11:24 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Pangandaran -

Pemkab Pangandaran mengeluarkan sejumlah larangan dan imbauan menjelang pergantian tahun. Warga dilarang konvoi kendaraan untuk merayakan tahun baru.

"Bagi masyarakat terutama anak-anak muda dilarang melakukan konvoi sepeda motor. Hotel dan restoran juga dilarang menggelar pesta kembang api atau pertunjukan musik," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Senin (21/12/2020).

Jeje mengatakan Pemkab sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas yang bisa berujung kerumunan massa. "Jadi saya sudah minta kepada polisi dan tentara kalau ada konvoi kendaraan terutama warga Pangandaran dihalau saja, kecuali wisatawan. Karena kalau wisatawan dan warga berkumpul di kawasan pantai Pangandaran biasanya akan terjadi kerumunan, macet total," tutur Jeje.

Upaya lain yang dilakukan, menurut Jeje, adalah menginstruksikan seluruh kepala desa untuk mengimbau warganya tak keluar rumah di malam pergantian tahun. "Malam tahun baru kali ini kan malam Jumat, sebaiknya diisi dengan hal-hal positif. Tak usah hura-hura," kata Jeje.

Selain itu seluruh hotel dan restoran juga dilarang menggelar hiburan yang terbuka untuk umum dan pesta kembang api. "Kalau menggelar live music secara terbatas untuk tamu hotelnya masih diperbolehkan," ujar Jeje.

Sementara itu, menjelang masa liburan natal dan tahun baru, tim Satgas COVID-19 Kabupaten Pangandaran terus intensifkan razia protokol kesehatan. Setiap hari petugas melakukan razia di beberapa titik strategis, salah satunya di bundaran Marlin Pangandaran.

"Kami terus lakukan razia yustisi protokol kesehatan. Supaya masyarakat disiplin, " kata Bangi Sekretaris Satpol PP Pangandaran.

Simak juga video 'Siap-siap! Liburan Natal-Tahun Baru Bakal Ada Syaratnya':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)