Larangan Pesta Tahun Baru, Wagub Jabar: Kalau Perlu Dibubarkan!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 21 Des 2020 10:23 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Pemprov Jabar menegaskan melarang kegiatan perayaan pesta malam tahun baru. Pemerintah bahkan tak segan membubarkan apabila ditemukan pesta perayaan.

"Ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dalam suasana Covid. Maka pemerintah provinsi Jawa Barat mengikuti arah pemerintah pusat yaitu tetap melarang pelaksanaan kegiatan malam tahun baru atau hiburan lainnya. Pemerintah akan dengan tegas menindak bagi mereka yang melanggar, kalau perlu dibubarkan," ujar Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum usai apel gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/12/2020).

Larangan ini tak hanya berlaku bagi individu. Menurut Uu, pihaknya juga melarang setiap tempat hiburan menggelar kegiatan pesta tahun baru yang dapat menimbulkan kerumunan.

"Juga bagi tempat hiburan yang melaksanakan kegiatan hiburan maka pemerintah akan tegas mencabut izin dan menutup sesuai dengan aturan yang ada," tuturnya.

Selain itu, kata Uu, pihak pemerintah juga sudah membuat surat larangan yang ditujukan ke hotel-hotel di Jabar untuk tidak menyelenggarakan pesta malam tahun baru. "Termasuk di hotel-hotel, pak gubernur sudah menandatangani suratnya dan sudah disebarkan baik ke pihak perusahaan ataupun kepada para kepala daerah yang ada di Jabar ini," ucapnya.

"Jadi tidak ada bahasa terlambat 'kami sudah beli tiket atau kami sudah mempersiapkan acara', hal semacam ini sudah disampaikan beberapa Minggu ke belakang. Jadi alasan-alasan itu menurut kami sudah tidak layak untuk disampaikan, yang layak adalah taat kepada pemerintah," kata Uu menambahkan.

(dir/bbn)