Sosok Dani Wisnu, Orang Tua dan Guru Silat Hanifan Yudani

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 15:35 WIB
Dani Wisnu
Dani Wisnu (kanan). Dani merupakan pesilat dunia dan ayah dari atlet Hanifan Yudani. (Foto: Instagram Hanifan Yudani)
Bandung -

Nama pesilat Hanifan Yudani Kusumah melambung setelah meraih medali emas di ajang Asian Games 2018. Tak sampai situ, ia pun menjadi sorotan atas aksi spontannya yang memeluk Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum IPSI.

Aksi spontanitas tersebut menuai pujian dan seolah mereda tensi dari simpatisan kedua tokoh tersebut yang kala itu memanas jelang Pilpres 2019. Di luar itu, Hanif, akrab ia disapa, juga telah melahirkan berbagai prestasi di antaranya medali emas di ajang Belgia Open 2017 dan SEA Games 2017.

Rupanya di balik kesuksesan Hanifan tersebut, terdapat sentuhan sang ayah, Dani Wisnu. Dani telah menggembleng anak bungsunya menjadi seorang pesilat sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Dani bukan pesilat sembarangan, kemampuan bela dirinya telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Dua kali gelar juara dunia disabet oleh Dani, yakni pada Turnamen Pencak Silat Terbuka di Wina, Austria pada 1986 dan tahun 1987 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dani juga pernah menjadi peraih emas di SEA Games 1987 dan 1989.

Setelah itu berhenti menjadi atlet, Dani juga menjadi pelatih di pelatnas sebagai persiapan Indonesia Bangkit 2005. Dedikasi Dani dari perguruan Tadjimalela untuk membesarkan silat juga membuatnya menikahi Dewi Yanti Kosasih.

Dewi juga merupakan seorang atlet Jawa Barat yang telah membawa pulang berbagai medali dalam kejuaraan silat tingkat dunia, antara lain dari Kejuaraan Dunia Kuala lumpur 1989, Kejuaraan Dunia Belanda 1991, SEA Games Singapura 1993, dan Thailand Open 1992.

Selanjutnya
Halaman
1 2