Respons Persis Jabar soal Haikal Hassan Mimpi 'Bertemu Rasulullah'

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 09:31 WIB
Haikal Hassan (Zunita/detikcom)
Haikal Hassan (Zunita/detikcom)
Bandung -

Persatuan Islam (Persis) Jawa Barat ikut menanggapi soal mimpi Haikal Hassan yang mengaku bertemu Rasulullah. Ketua PP Persis Jabar Iman Setiawan Latief mengatakan bagi seorang muslim, mencintai Rasulullah merupakan sebuah kewajiban.

Namun, kata Iman, dalam praktiknya seringkali salah kaprah dan banyak yang melebihi batas. "Untuk sebagian orang, cerita mimpi bisa menaikkan derajatnya. Ingin terkenal karena mengaku pernah bertemu Nabi dalam mimpi. Oleh karena itu, terkadang ada beberapa orang yang mengaku ketemu Nabi Muhammad SAW," ucap Iman kepada detikcom, Kamis (17/12/2020).

Iman mengatakan pengakuan-pengakuan tersebut masih bias. Setiap orang, kata dia, tentu tak pernah tahu soal kebenarannya.

"Kita tentunya tidak tahu nilai kebenarannya. Bisa saja orang berdusta terkait mimpinya, hanya agar posisinya semakin diakui masyarakat," tuturnya.

Iman menilai klaim Haikal Hassan perlu dipertanggungjawabkan. "Rasulullah SAW memberikan ancaman keras bagi orang yang mengaku bermimpi sesuatu secara dusta, padahal dia tidak pernah mengalaminya," katanya.

"Klaim Babe Haikal tentunya harus dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Iman menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2