Usulan CDPOB Garut Selatan Resmi Dikirim ke Mendagri

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 19:11 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum temui penyandang disabilitas wyata guna
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan dokumen usulan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Garut Selatan kepada perwakilan Kemendagri di Villa Jaya Sakti, Rancabuaya, Kabupaten Garut, Rabu (16/12/2020). Penyerahan dokumen ini menyusul dokumen CDPOB Sukabumi Utara yang diserahkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Selasa (15/12).

Uu mengharapkan, pembentukan CDPOB Garut Selatan bisa mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, sehingga membawa kemajuan pembangunan yang signifikan. Ia pun melihat pemekaran ini berhasil di Jabar seperti di Tasikmalaya yang menjadi kota dan kabupaten, kemudian juga Pangandaran dan Banjar dari pemekaran Ciamis.

"Mudah-mudahan apa yang diharapkan dan diinginkan oleh masyarakat Garut dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat segera terwujud dan berhasil," ucap Uu dalam keterangan resminya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Benny Bachtiar mengatakan kawasan Garut Selatan terbentang dari mulai dari perbatasan dengan Sukabumi hingga Pangandaran sehingga pengelolaanya harus lebih baik.

"Bukan berarti hari ini tidak terkelola (oleh Kabupaten Garut), tetapi memang jangkauan yang cukup besar dan cukup jauh," ujar Benny.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan, penyerahan dokumen usulan CDPOB Kabupaten Garut Selatan merupakan amanat dan aspirasi masyarakat Jabar kepada pemerintah pusat.

"Diharapkan dapat terwujud otonomi baru dan juga terwujud pengajuan yang merata di Jawa Barat," ucap Dodit.

Ia menambahkan, CDPOB Kabupaten Garut Selatan memiliki luas wilayah 1.815,64 kmĀ² yang terdiri dari 15 kecamatan dan 129 desa, dengan jumlah penduduk 641.921 jiwa dan lokasi calon ibu kota berada di Kecamatan Mekarmukti seluas 56 hektare.

Wilayah CDPOB Kabupaten Garut Selatan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Sekadar diketahui, Pemprov dan DPRD Provinsi Jabar menandatangani surat persetujuan tiga CDPOB yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat, dalam rapat paripurna pada Jumat 4 Desember 2020. Kebijakan penataan daerah di lingkungan Pemprov Jabar tertuang dalam misi tiga RPJMD 2018-2023. Isinya mempercepat pertumbuhan serta pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan.

(yum/bbn)