Respons Forum soal Lembang Tidak Diajukan Calon DOB ke Kemendagri

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 14:49 WIB
Alun-alun lembang
Kawasan Alun-alun Lembang. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Pemprov dan DPRD Jawa Barat mengajukan ke Kemendagri soal tiga Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) untuk segera dimekarkan. Namun di dalamnya tidak termasuk Kota Lembang.

Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Lembang mengakui jika pemekaran suatu daerah butuh proses yang panjang, apalagi Kota Lembang yang wacananya baru muncul beberapa bulan lalu. "Perjuangan pemekaran wilayah adalah perjuangan konstitusional dan bukan emosional, sehingga semuanya tidak bisa instan," kata Wakil Ketua 1 Forkodetada CDOB Kota Lembang Kusna Sunardi saat dihubungi, Rabu (16/12/2020).

Tiga CDOB yang diajukan Pemprov Jabar untuk pemekaran yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat. Tiga daerah itu menjadi prioritas pemekaran karena pembahasannya sudah dilakukan sejak lama.

"Garut Utara saja yang sudah Paripurna DPRD dan persetujuan kabupaten induknya hingga kini masih menunggu antrean, apalagi Kota Lembang yang baru diajukan," ucap Kusna.

Bila persyaratan pemekaran CDOB terpenuhi lalu moratorium pemekaran dibuka, CDOB Kota Lembang tinggal menyertakan segala persyaratan yang diperlukan. "Sekarang kita tempuh dan lengkapi segala persyaratan saja dulu, ikuti aturannya. Jadi ketika moratorium dibuka dan CDOB Kota Lembang siap diajukan, kita tinggal menyertakan persyaratan yang diminta," tuturnya.

"Wajar kalau ada penolakan dari kabupaten induk, dulu aja pembentukan KBB kan awalnya ditolak. Tapi dengan semangat pemekaran para pejuang, CDOB Kota Lembang bukan hal yang mustahil ke depannya akan terwujud," ujar Kusna.

(bbn/bbn)