Pilkada Sukabumi

Marwan-Iyos Unggul Sementara Versi Real Count, Relawan: Jangan Euforia

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 12:17 WIB
Pasangan Marwan-Iyos klaim menang Pilbup Sukabumi.
Foto: Pasangan Marwan-Iyos (Istimewa).
Sukabumi -

Pasangan petahana Marwan Hamami-Iyos Somantri masih unggul sementara dari para pesaingnya di Pilbup Sukabumi berdasarkan real count KPU. Meski begitu tim relawan pasangan tersebut tidak ingin cepat merayakan kemenangan dan akan terus mengawal jalannya penghitungan suara.

Diliihat detikcom dari website pilkada2020.kpu.go.id, rekapitulasi suara telah mencapai 39,47 persen. Data itu bersumber dari 2.041 TPS dari jumlah keseluruhan 5.171 TPS.

Berdasarkan data tersebut, pasangan Marwan Hamami-Iyos Somantri unggul dengan perolehan suara 46,3 persen disusul pasangan lain 32,8 persen dan 20,8 persen. Masih dalam sistem informasi yang sama juga ditampilkan data perolehan suara dari 47 kecamatan.

Meskipun sudah berada di atas angin, relawan Marwan-Iyos yang tergabung dalam MASAGI tidak ingin larut dalam euforia kemenangan.

"Jangan larut dalam euforia terlalu berlebihan karena keputusan akhir tetap berada di tangan KPU Kabupaten Sukabumi. Patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak hindari kerumunan. Bagaimanapun COVID-19 masih ada," kata Rafi Nasution salah seorang relawan MASAGI kepada detikcom, Kamis (10/12/2020).

Rafi menyebut pihaknya hingga saat ini masih terus mengumpulkan C1 sebagai fakta dasar untuk mengukuhkan kemenangan pasangan Marwan-Iyos. Sebagai bagian dari tim advokasi, ia menganggap, data itu juga menjadi sumber real count di tim pemenangan.

"Dari hasil real count yang kita kumpulkan dari para saksi di TPS dan yang bisa kami pertanggung jawabkan angka yang masuk di kami pagi ini 47,37 persen pasangan Marwan-Iyos disusul pasangan no 1 sebanyak 32,78 persen dan pasangan yang lain lagi nomor 3 sebanyak 19,85 persen. Untuk data yang masuk real count pagi ini dan kami juga masih mengumpulkan fisiknya C1 untuk menjadi bukti bukti kami pada saat sidang pleno PPK dan KPU," paparnya.

Relawan MASAGI juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut 2. Ia juga meminta para pendukung untuk mengawal kemenangan pasangan Marwan-Iyos pada saat kembali menjabat sebagai bupati dan wakil bupati nanti.

"Kami dari tim advokasi yang tergabung di relawan juga di relawan MASAGI mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi yang sudah memilih dan mendukung pak Marwan dan pak Iyos baik dari tim koalisi dan seluruh simpatisan pendukung," ucapnya.

"Ingat kepada pasangan calon visi misi yang sudah di capkan dan disampaikan kepada KPUD. Visi misi itu menurut kami adalah sebuah janji untuk pembangunan masyarakat Kabupaten Sukabumi. Jadi dengan dilantiknya nanti Pak Marwan dan Pak Iyos mohon visi misi tersebut itu dijalankan dengan sebaik-baiknya dan kami MASAGI siap mengawal 5 tahun pemerintahan Pak Marwan, Pak Iyos untuk mengawal visi misi tersebut demi melanjutkan pembangunan," ujarnya.

(sya/mso)