Pilbup Sukabumi

Klaim Menang, Cabup Marwan: Masyarakat Ingin Kami Lanjutkan Kebaikan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 22:19 WIB
Pasangan Marwan-Iyos klaim menang Pilbup Sukabumi.
Foto: Pasangan Marwan-Iyos klaim menang Pilbup Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Pasangan petahana Marwan Hamami-Iyos Somantri mendeklarasikan kemenangan di Pilbup Sukabumi. Pasangan ini mengklaim menang berdasarkan hasil quick count internal partai pengusung dan lembaga survei yang telah digandeng.

Deklarasi kemenangan tersebut dilakukan di kediaman pribadi Marwan di Puri Cimahpar Endah 2, Sukabumi. Terlihat hadir perwakilan dari partai pengusung dan para relawan.

"Kami menggunakan dua lembaga QC, yang satu dari internal PKS sendiri kemudian dari lembaga yang kita gandeng. Dari data pertama yang masuk sekitar 94,5 persen TPS sampling yang masuk dengan hasil paslon no 1 sebanyak 31 persen, pasangan no 2 itu 47 persen dan pasangan nomor 3 sebanyak 19 persen. Sementara QC masih dari kita, nomor 1 32,5 persen , nomor 2 sebanyak 46,8 persen dan nomor 3 sebanyak 20,6 persen. Kalau kemungkinan perubahan dengan margin error masing-masing 1 persen. Masih memastikan pasangan nomor 2 menang," kata Priyo Indiarto, ketua tim pemenangan Marwan-Iyos dari Partai PKS, Rabu (9/12/2020).

Untuk TPS sampling, Priyo menyebut ada 200 TPS dari 5.171 TPS yang digunakan untuk metode quick count. Sementara dari hasil real count dari data pleno C1 yang sudah masuk di atas 50 persen menunjukkan paslon nomor urut 2 itu berada di angka 47 persen.

"Real count, data dari plano C1 yang sudah masuk dari sekitar 2.798 TPS atau 54 persen dari total TPS menunjukkan hasil pasangan nomor 1 sebanyak 32,62 persen lalu pasangan nomor urut 2 sebanyak 47,41 dan terakhir pasangan nomor urut 3 sebanyak 19,77 persen," jelas Priyo.

Sementara itu, Marwan Hamami meminta pendukung untuk tidak terlalu merayakan kemenangan dengan berlebihan. Ia juga meminta pendukungnya untuk menjaga kondusifitas dan menunggu hasil perhitungan suara resmi dari KPU.

"Secara hitungan data yang kita dapatkan kita menyimpulkan bahwa kita memenangkan Pilkada di Kabupaten Sukabumi. Ini mudah-mudahan tentunya dari hasil ini kita menunggu juga penegasan dari KPU," kata Marwan.

"Kita berharap pada Pilkada ini adalah untuk membangun Kabupaten Sukabumi. Untuk itu, Pilkada ini tidak boleh dirusak oleh euforia. Yang jelas bagaimana ke depan kita harus bersama sama membangun Kabupaten Sukabumi tentunya saya dengan Pak Haji Iyos sebagai orang yang diberikan amanah bisa menjawab persoalan itu dengan harapan dari pada masyarakat yang ada di Kabupaten Sukabumi," sambung Marwan.

Terkait kemenangan versi QC dan RC yang ditunjukkan timnya, Marwan meyakini hal itu berkat kepercayaan masyarakat yang merasa yakin untuk melanjutkan kebaikan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

"Faktor utama kemenangan kepercayaan mayarakat yang merasa yakin dan melihat atas pembangunan yang sudah kita lakukan dan juga kemudian juga bagaimana kader politik dan para relawan yang mendorong saya dan Pak Haji Iyos yang dijadikan suatu keyakinan bagi masyarakat untuk memilih kita. Memperjuangkan kembali bagaimana ke depan membangun Kabupaten Sukabumi," ujar Marwan.

(sya/mso)