Pilkada Tasikmalaya

Bawaslu Tasik Imbau Pasangan Calon Tak Gelar Deklarasi Kemenangan

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 22:12 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Tasikmalaya -

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya mengimbau para pasangan calon tidak melakukan deklarasi kemenangan. Hal itu demi menjaga kondusifitas selama proses penghitunga suara berjalan.

"Kami imbau paslon atau masyarakat tidak deklarasikan kemenangan. Mari ciptakan kondusifitas wilayah agar masyarakat tenang. Di KPU belum rampung masih berlangsung penghitunganya," ucap Dodi Juanda, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12/2020).

Sementara itu, ketua tim relawan pasangan petahana Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin, Dede Syaiful Anwar menyatakan jagoannya berhasil unggul dari para pesaingnya di Pilbup Tasikmalaya. Hal itu dilihat dari hasil penghitungan internal dan quick count KPU.

"Saya dari tim relawan Haji Ade Sugianto sesuai quick count yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya bahwa nomor urut dua 33 persen dan nomor urut empat 31 persen. Survei yang muncul itu abal-abal," kata Dede.

Sementara itu, Asep Sofari Alayubi, ketua tim pemenangan Azis Rismaya Mahfud-Haris Sanjaya menyerahkan hasil pemilu pada perhitungan KPU. Pihaknya tidak berpatokan pada hasil survei.

"Kami serahkan hasil pemilihan pada hasil real count KPU. Tidak gunakan data quick count lembaga survei," ujar Asep.

(mso/mso)