Pilbup Tasikmalaya

Cegah Corona, 39 Pasien COVID-19 di Tasikmalaya Pilih Tak Nyoblos

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 14:48 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Tasikmalaya -

Sebanyak 39 pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD SMC tidak menyalurkan hak pilihnya di Pilbup Tasikmalaya 2020. Mereka memilih tidak mencoblos demi mencegah paparan COVID-19 kepada petugas medis dan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS).

"Jadi ada 39 di dua ruang isolasi yang tidak memberikan hak suaranya. Mereka pasien COVID-19 yang sepakat sejak dua hari lalu. Alasanya mereka enggak mau menularkan penyakitnya pada petugas medis dan KPPS," ucap Kabag Tata Usaha RSUD SMC Jojo, di kantornya, Rabu (9/12/2020).

Meski akan difasilitasi rumah sakit dan bisa dikuasakan pada keluarga, pasien tetap enggan memberikan hak pilihnya. Kebanyakan dari 39 pasien di ruang isolasi ini dalam keadaan stabil.

"Mereka kondisinya stabil pak. Tapi kami akan fasilitasi namun tidak berkenan dengan alasan tadi. Kita sediakan APD juga untuk petugas KPPS," ucap Jojo.

Sementara itu, 37 orang pasien umum dan tenaga kesehatan mengikuti pencoblosan di Ruang Perawatan RSUD SMC pada pukul 12.00 WIB. Petugas KPPS dari TPS 01 Cikunten mendatangi ruang perawatan untuk pendampingan.

"Ada 37 tenaga medis dan pasien di RSUD SMC yang kami layani hak pilihnya. Tetap prokes diutamakan," kata Thia Anadita, Ketua KPPS TPS 01 Cikunten.

Sejauh ini proses pencoblosan di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya berjalan aman lancar dan tertib. Siang ini proses perhitungan sudah digelar.

Simak video 'Mahfud Md: Tak Ada Kaitan Membesarnya Kasus Covid-19 dengan Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)