Pilbup Tasikmalaya 2020

2 Cabup Tasikmalaya Tak Mencoblos karena Beda Domisili KTP

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 11:18 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada (Ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Kabupaten Tasikmalaya -

Dari empat calon bupati Tasikmalaya, Jawa Barat, hanya dua orang yang memberikan hak pilihnya. Calon bupati petahana Ade Sugianto dan calon bupati independen, Cep Zamzam Djulfikar, menyampaikan hak pilihnya di TPS berbeda. Sementara calon bupati Azis Rismaya dan Iwan Saputra tidak memberikan hak pilih karena beda domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bukan dari Kabupaten Tasikmalaya.

Sedangkan masing-masing calon wakil bupati memberikan hak pilihnya di empat tempat berbeda di Kabupaten Tasikmalaya. "Cabup yang memberikan hak pilih di Pilkada kali ini dari empat hanya dua saja. Sementara cawabup semuanya memberikan hak pilih," ucap Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamalaudin, Rabu (9/12/2020).

Berbagai cara dilakukan cabup sebelum mencoblos. Salah satunya, Cep Zamzam Djulfikar, cabup independen Pilkada Tasikmalaya. Ia sempat ziarah dimakan ayahanya sebelum memberikan suara di TPS 2, Desa Sukarame, Kecamatan, Sukarame, Tasikmalaya.

Cep Zamzam meneteskan air mata sambil memanjatkan doa untuk mendiang sang ayah. Dia mengaku lega bisa melaksanakan nazar ayahnya untuk mengikuti kontestasi Pilbup Tasikmalaya 2020.

Sebelum mencoblos, Cep yang mengenakan setelan kemeja putih, terlebih dahulu melaksanakan ziarah kubur, memanjatkan doa di pusara ayahnya, Asep Mochammad Saifulloh, pendiri pesantren Nurul Wafa, Gunung Hideung Taiskmalaya.

"Alhamdulillah saya sudah menyalurkan hak pilih sebagai calon bupati, sesuai dengan doa dan syariat yang sudah kami jalankan," ujarnya selepas melakukan pencoblosan di TPS 2.

"Saya sudah menyelesaikan (nazar) yang sudah beliau amanahkan, harapannya tentu terpilih menjadi bupati," ucap Cep menambahkan.

(bbn/bbn)