Pilbup Pangandaran 2020

KPU Pangandaran Akan Datangi Pemilih yang Sakit dan Terpapar Corona

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 08:05 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Pangandaran -

KPU Pangandaran melakukan pendataan bagi calon pemilih yang sedang sakit dan dirawat di RSU, Puskesmas maupun klinik. Pendataan juga dilakukan bagi pasien positif Corona yang tengah menjalani isolasi.

"Prinsipnya kami ingin memfasilitasi agar warga yang sedang sakit tak kehilangan hak pilihnya," kata Ketua KPU Pangandaran Muhtadin, Selasa (8/12/2020).

Dia mengatakan jumlah pemilih yang terkonfirmasi positif Corona di Pangandaran ada 8 orang. Lima orang isolasi di rumah sakit dan tiga orang isolasi mandiri.

"Lagi di cek di masing-masing PPK datanya. Kalau yang positif Corona 8 orang 5 isolasi di RS 3 isolasi mandiri," ujar Muhtadin.

Sementara warga yang sakit dan dirawat di RSU atau Puskesmas masih dilakukan pendataan. Teknis pemungutan suara yang dilakukan oleh KPU terhadap pemilih yang sedang menjalani isolasi maupun sakit, nanti petugas yang mendatangi pemilih tersebut dengan mengenakan alat pelindung diri (APD). Pihak KPU juga akan melakukan koordinasi dengan Satgas penanganan COVID-19 terkait pengambilan suara bagi pasien COVID-19.

Nantinya, kata Muhtadin, data pemilih yang sakit masuk ke Daftar Pemilih Tambahan (DPPH). Jadi bagi pemilih yang sedang sakit bisa menyalurkan hak pilihnya di tempat pemilih itu sedang dirawat.

"Nanti masuk DPPH. Saat ini petugas masih melakukan pendataan dengan formulir A5," kata Muhtadin.

Disamping itu Muhtadin juga mengatakan bahwa seluruh penyelenggara Pemilu di Kabupaten Pangandaran sudah menjalani pemeriksaan, hasilnya semua penyelenggara sampai ke tingkat TPS negatif Corona.

(mso/mso)