Jelang Pencoblosan, Polisi Awasi Politik Uang-Hoaks di Pilbup Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 07 Des 2020 18:32 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi (Andhika Akbaransyah)
Sukabumi -

Polres Sukabumi bersama dengan Bawaslu dan KPU akan mendorong terciptanya Pilkada yang bersih dengan cara mengawasi praktik politik uang dan penyebaran informasi hoaks di media sosial.

Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif mengatakan saat ini terus memantau dinamika perkembangan situasi yang ada menjelang Pilkada Kabupaten Sukabumi pada 9 Desember nanti.

"Kami akan kawal pesta demokrasi ini agar dapat berjalan kondusif dan tidak ada gangguan. Salah satunya adalah politik uang dan kita akan cegah itu semaksimal mungkin. Iya, kita juga sudah memberikan sosialisasi kepada masing-masing Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi berikut dengan pendukungnya bahwa kita sama-sama mencegah dan menghindari adanya kecurangan dari Pilkada ini," ucap Lukman kepada detikcom, Senin (7/12/2020).

Lukman menegaskan terkait politik uang pihaknya sudah memperingatkan sejak tahapan awal Pilkada. Imbauan soal itu kerap ia berikan di setiap kegiatan yang melibatkan KPU, Bawaslu dan pasangan calon.

"Apabila sudah ada warning dari petugas keamanan ditambah dengan imbaun dari Bawaslu Kabupaten Sukabumi, soal larangan praktik money politics itu, maka tentunya hal tersebut tidak boleh dilakukan baik oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi berikut dengan pendukungnya. Kalau sanksi sudah jelas ada Bawaslu dan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkmundu)," lanjutnya.

Untuk penempatan personel Polri, TNI, Satpol PP dan instansi lain Lukman menyebut berjumlah sebanyak 4217. Dari jumlah itu 2.500 di antaranya adalah personel TNI-Polri. Seluruh personel yang terlibat pengamanan akan melalui proses rapid test.

"Mengenai rapid test, baik personel Polri yang ada di Kabupaten Sukabumi maupun personel yang merupakan BKO baik itu Polres Bogor maupun Polres Bogor Kota yang diperbantukan ke wilayah kami ditambah dari rekan-rekan Sat Brimob Polda Jawa Barat seluruhnya melaksanakan rapid test dan semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat sehingga siap diterjunkan untuk pengamanan pilkada ini," ujarnya.

(sya/mso)