ADVERTISEMENT

Pemprov Jabar Siapkan Belasan Gedung Antisipasi Peningkatan Kasus Corona

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 07 Des 2020 18:24 WIB
Pemprov Jabar menyiapkan sejumlah gedung antisipasi membludaknya kasus Corona
Pemprov Jabar menyiapkan sejumlah gedung antisipasi membludaknya kasus Corona (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan sarana gedung untuk menangani kasus COVID-19 di Jabar. Pasalnya, jumlah okupansi rumah sakit di Jabar mencapai 75 persen.

"Karena keterisian rumah sakit di Jabar itu sudah mencapai 75 persen maka sesuai dengan prosedur, kami sedang menyiapkan sebelas gedung pemerintah," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (7/12/2020).

Kang Emil sapaannya menjelaskan gedung yang dipersiapkan ini terdiri dari asrama, hotel hingga gedung lainnya. Menurut Emil, hal ini guna mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19 di Jabar.

"Ada asrama-asrama yang akan dikelola sebagai ruang isolasi oleh dokter dan tenaga kesehatan dan empat hotel, jadi total ada 15 gedung yang akan kita siapkan mengantisipasi libur panjang dan Pilkada yang tentunya tidak kita harapkan terjadinya peningkatan," tuturnya.

Selain itu, Emil juga menjelaskan status zona merah penyebaran COVID-19 di Jawa Barat. Menurut dia, masih ada enam daerah zona merah termasuk di dalamnya Kota Bandung.

"Bandung masih zona merah. Sehingga untuk kebijakan Bandung tentunya saya serahkan kontinyuitas-nya kepada Wali Kota," katanya.

Selain Kota Bandung, ada juga lima daerah lain yang masuk zona merah. Yakni Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka.

"Jadi enam. Sisanya membaik dan kita lebih banyak zona kuning sekarang dibanding zona oranye," kata dia.

(dir/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT