Satgas Karawang Ungkap Riwayat 2 Nakes Meninggal Positif Corona

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 13:45 WIB
Ilustrasi Dokter
Ilustrasi tenaga kesehatan (Ilustrator: Edi Wahyono)
Karawang -

Dua tenaga kesehatan (nakes) di Karawang meninggal dalam keadaan positif corona. Satgas Penanganan COVID-19 Karawang mengungkap riwayat keduanya terpapar Corona.

"Dua nakes yang meninggal tidak tertular pasien. Setelah dilacak, keduanya tertular dari pasien umum yang belum dites usap," kata Fitra Hergyana, jubir Satgas Penanganan COVID-19 Karawang melalui telepon, Sabtu (5/12/2020).

Fitra menuturkan, hasil pelacakan di Karawang, tak ada seorangpun nakes yang positif setelah merawat pasien Corona. Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di Karawang, kata Fitra, kerap memastikan protokol ketat para nakes untuk menghindari potensi penularan penyakit dari pasien.

"Secara internal, PPI ini mencegah dengan sangat detail penularan dari pasien. Mereka memastikan protokol dan fasilitas juga dilakukan para tenaga kesehatan saat merawat pasien positif," tutur Fitra.

"Kedua tenaga kesehatan itu merawat pasien. Tapi mungkin pasien itu positif, tapi tidak sadar kalau pasien itu positif," tutur Fitra.

Simak video 'Sudah 10 Puskesmas di Subang Sempat Tutup Gegara Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2