1.500 Petugas KPPS Kabupaten Bandung Reaktif Usai Tes Rapid

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 16:06 WIB
Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya
Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sebanyak 1.500 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Bandung dinyatakan reaktif usai menjalani tes rapid. Hasil tersebut didapatkan dari tes rapid yang dilakukan kepada 61.866 petugas KPPS jelang pemungutan dan penghitungan suara Pillbup Bandung pada 9 Desember 2020.

"Hasil rapid ini kita sedang menunggu hasil rekapnya, memang ada sekitar 1.500-an kalau tidak salah yang reaktif," ujar Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya di kantornya, Kamis (3/12/2020).

KPU dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melaksanakan tes rapid kepada 61.866 petugas KPPS pada 26 Oktober hingga 2 November 2020. Setelah diketahui reaktif, Agus menjelaskan, 1.500 orang tersebut langsung dilakukan swab test.

Kini pihak KPU Kabupaten Bandung menunggu hasil swab test yang dilakukan kepada 1.500 orang tersebut. "Tapi kita belum lihat hasil swab-nya. Karena bisa saja kan reaktif rapid tapi negatif di-swab," kata Agus.

Jika dinyatakan positif COVID 19, menurut Agus, petugas KPPS itu akan dibebastugaskan. Berbeda dengan Bawaslu, KPU belum merencanakan mencari pengganti petugas KPPS bila nantinya ada yang positif Corona.

Sejauh ini, KPU terus melakukan koordinasi dengan Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bandung. Sebab jadwal penghitungan suara untuk Pilbup Bandung tinggal beberapa hari lagi.

"Jika positif, tidak bertugas saja. Isolasi mandiri supaya tidak menjadi masalah. Jadi kita pastikan KPPS yang bertugas itu yang negatif, belum ada instruksi penggantian," ucap Agus.

(bbn/bbn)