Heboh Pohon Keluarkan Api dan Asap di Kota Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:40 WIB
Heboh pohon di Kota Bandung mengeluarkan asap
Heboh pohon di Kota Bandung mengeluarkan asap (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Fenomena asap yang keluar dari dalam pohon angsana di Jalan Citarum, Kota Bandung menjadi viral di media sosial. Kejadian itu terjadi pada Senin (30/11/2020) siang. Rekaman video yang menampilkan asap keluar pohon tersebut ditayangkan oleh berbagai mediagram di Bandung dan mendapatkan berbagai respons dari netizen.

Irfan (31) salah seorang saksi mata, pertama kali melihat kepulan asap tersebut sekitar pukul 11.00 WIB. Ketika itu, ia baru menyadari pohon setinggi kurang lebih 10 meter itu mengeluarkan asap setelah diberi tahu oleh seorang pemulung.

"Ya kemarin saya ke sini, lagi mempersiapkan lapak jualan di mobil. Kemudian saya diberi tahu, kalau ada pohon yang mengeluarkan asap dan api dari dalam pohon," ucap Irfan saat ditemui detikcom, Selasa (1/12).

Ia mengatakan, segera memotret pohon dan melaporkan kejadian tersebut kepada kerabatnya yang tergabung dalam forum relawan. "Saya juga coba menghubungi Diskar PB Bandung, takutnya apinya semakin membesar, sebelum damkar datang, Babinsa datang ke sini untuk memastikan," tutur Irfan.

Sambil menunggu pemadam kebakaran datang, ia pun bersama warga lainnya mencoba memadamkan api dari dalam pohon tersebut. Hujan pun turun mengguyur, kata Irfan, tetapi api di dalam pohon tersebut tak kunjung padam.

"Dari rongga di bagian atas pohonnya masih ada api dan asap, kemarin petugas pemadam kebakaran juga datang ke sini dengan membawa satu unit mobil," katanya.

"Kira-kira apinya mati sekitar pukul tiga sore," imbuhnya.

Saat ditanya penyebab munculnya api, Irfan mengatakan tak mengetahui secara pasti. "Kalau ditanya soal kebakarannya, dibilang dari pembakaran sampah tapi tidak ada sampahnya. Ini juga baru pertama kali saya lihat," katanya.

Pantauan detikcom, petugas dari DPKP3 Kota Bandung tengah membereskan ranting pohon tersebut. Terlihat rongga pohon tempat keluarnya asap dan api dikelupas petugas.

Kasi Rescue Diskar PB Kota Bandung Yogi Mamesa membenarkan petugas sudah memadamkan asap di pohon tersebut. Pohon itu berada tepat di sisi jalan raya.

Sebelum ditangani petugas, warga setempat sempat melakukan penanganan dengan menggunakan alat seadanya.

"Menurut warga setempat, api mengeluarkan asap sekitar pukul 14.30 WIB. Penanganan awal sempat dilakukan menggunakan alat seadanya, tetapi pohon tetap mengeluarkan asap," kata Yogi.

(yum/mud)