ADVERTISEMENT

Ruang Isolasi Penuh, Dinkes Cimahi Minta RS Tambah Daya Tampung

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 14:24 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Cimahi -

Sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Cimahi saat ini sudah terisi penuh. Dinas Kesehatan meminta rumah sakit menambah daya tampung ruang isolasi khusus pasien COVID-19.

Salah satu rumah sakit yang saat ini sedang melakukan proses penambahan ruang isolasi untuk pasien COVID-19 yakni RSUD Cibabat.

"Beberapa rumah sakit sedang proses menambah ruang isolasi, namun untuk gejala ringan, terutama zona hijau dan kuning. Di RSUD Cibabat tambah ruang isolasi, sedang disiapkan peralatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi, Selasa (1/12/2020).

Pihaknya tengah mengkaji pengadaan tempat isolasi baru untuk COVID-19 apakah perlu menyiapkan bangunan baru maupun mengoptimalkan bangunan yang sudah ada. "Sedang dianalisa untuk pengadaan ruang isolasi apakah menyiapkan bangunan baru, memanfaatkan ruang rawat di puskesmas, atau melakukan sewa bangunan. Kita lihat hasil analisanya," tutur Pratiwi.

Kota Cimahi memiliki dua rumah sakit rujukan COVID-19, di antaranya RSUD Cibabat dan RS Dustira. Sementara rumah sakit lain, yaitu RS Mitra Kasih, RS Kasih Bunda, RS Avicena, hanya menyediakan ruang perawatan COVID-19 kategori hijau.

"Kalau kapasitas di Cimahi penuh, kita rujuk ke RS di Kota Bandung. Kapasitas ruang isolasi terpenuhi sekitar 80 persen secara keseluruhan," ucap Pratiwi.

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat Reri Marliah mengatakan pihaknya tengah tahap proses penambahan kapasitas daya tampung pasien COVID-19 dengan ketentuan pemenuhan standar tata ruang dan ventilasi dalam penanganan kasus COVID-19. "Sudah koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jabar maupun Dinkes Kota Cimahi karena kita perlu menambah bed. Tapi harus disiapkan dulu karena ada standar tata ruang dan ventilasi serta penyediaan alat-alatnya butuh waktu. Diharapkan kami bisa menambah kapasitas isolasi kasus COVID-19 sampai 70 bed," tutur Reri.

Saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di RSUD Cibabat mencapai 38 orang. Mereka tersebar di ruang ICU.

(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT