Kota Bandung Zona Merah COVID-19, Wawalkot Yana: Harus Waspada!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 11:41 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Muyana
Foto: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Kota Bandung kembali berstatus zona merah COVID-19. Pemerintah meminta masyarakat lebih waspada terhadap penyebaran COVID-19.

"Di zona apapun, kita harus tetap waspada, tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, karena Bandung sekarang kondisinya sudah waspada," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat ditemui di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (1/12/2020).

Yana menuturkan penetapan Kota Bandung menjadi zona merah ini berdasarkan analisa yang dilakukan Pemprov Jabar. Menurut dia, indeks reproduksi Kota Bandung berada di 1,63 dari batas zona merah 1,80.

"Tapi apapun itu, berdasarkan parameter, Kota Bandung mah kita angka reproduksinya 0,80, di bawah angka satu," tuturnya.

Yana mengatakan Pemkot Bandung belum mengambil langkah selanjutnya berkaitan dengan status zona merah ini. Menurutnya hal itu akan dirumuskan dalam rapat gugus tugas Kota Bandung.

"Ini kan harus diputuskan di rapat Forkopimda kita, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita ambil langkah," katanya.

Sebelumnya, penyebaran COVID-19 di Kota Bandung, Jawa Barat terus meningkat. Level kewaspadaan COVID-19 di Kota Bandung kembali ke level tinggi atau masuk lagi ke zona merah.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara membenarkan informasi tersebut.

"Ya (benar)," kata Ahyani via pesan singkat, Selasa (1/12/2020).

(dir/mso)