Longsor Terjang Sumedang, Empat Rumah Warga Rusak

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 21:46 WIB
Longsor terjang Sumedang.
Foto: Longor terjang Sumedang (Istimewa).
Sumedang -

Selama dua hari berturut-turut, bencana tanah longsor terjadi di dua wilayah berbeda di Kabupaten Sumedang. Akibatnya empat rumah warga rusak parah.

Peristiwa pertama terjadi pada Minggu 29 November 2020 mengakibatkan dua rumah di Dusun Babakan Loa, Desa Cikoneng, Kecamatan Ganeas. Sedangkan kejadian kedua terjadi pada Senin 30 November 2020 sore di Dusun Citengah, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, di mana tanah longsor menjebol bangunan rumah.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana membenarkan adanya tanah longsor yang menimpa dua wilayah di Kabupaten Sumedang.

"Betul, sudah dua hari ini di Sumedang terjadi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga mengakibatkan dua wilayah mengalami peristiwa tanah longsor," kata Ayi kepada detikcom, Senin (30/11/2020).

Ayi mengatakan pemicu terjadinya longsor ini karena intesitas hujan di wilayah Sumedang cukup tinggi ditambah dan saluran air yang kurang baik. Akibatnya memicu pergerakan tanah dan longsor.

"Terjadinya longsor ini karena hujan terus menerus dengan intensitas tinggi, dan adanya saluran air yang tersumbat," katanya.

Dia mengimbau warga agar bisa ikut berperan mencegah terjadinya longsor. Mulai dari membersihkan saluran air hingga melakukan penanaman pohon.

"Untuk mencegahnya maka pohon-pohon penyangga harus di tanam di daerah-daerah yang berpotensi dan berisiko terjadinya longsor," jelas Ayi.

Ayi menyebutkan, dari hasil inventarisasi di lapangan yang terdampak akibat longsor di dua wilayah ini ada empat rumah yang mengalami rusak berat.

"Tidak ada korban Jiwa atas kejadian tersebut, namun pemilik rumah mengalami kerugian. Dan saat ini warga yang rumahnya terdampak longsor sudah mengungsi ke rumah keluarganya," terang Ayi.

Ayi menghimbau kepada warga sekitar agar tetap waspada saat menghadapi musim hujan, terlebih posisi rumahnya berada tepat di lereng atau tebing yang curam.

"Setelah menerima laporan, kami langsung mengasesment ke lokasi dan memasang terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan baik itu di wilayah Ganeas maupun Citengah," katanya.

(mso/mso)