Pemkab Tangerang Akan Bicara Pembubaran Kerumunan Haul Syekh Abdul Qodir

Bahtiar Rifa - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 11:43 WIB
Pemkab Tangerang akan jelaskan pembubaran kerumunan haul Syekh Syekh Abdul Qodir Jailani
Pemkab Tangerang akan jelaskan pembubaran kerumunan haul Syekh Syekh Abdul Qodir Jailani (Foto: Bahtiar Rifa'i)
Tangerang -

Pemkab Tangerang rencananya akan bicara mengenai adanya perkumpulan massa di acara haul Syekh Abdul Qodir Jailani yang dilaksanakan di Ponpes Al-Istiqlaliyyah di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Sebelumnya, acara ini diminta tidak dihadiri oleh massa dan disiarkan secara langsung.

Kapolres Tangerang Kombes Ade Ary Syam membenarkan bahwa Bupati Tangerang dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) akan menyampaikan tentang acara tersebut.

"Bupati selaku Kasatgas akan prescon tentang acara haul. Imbauan dan pembubaran sudah dilakukan oleh Satgas Covid bersama-sama," kata Ade dikonfirmasi, Tangerang, Senin (30/11/2020).

Upaya pembubaran secara persuasif juga sudah disampaikan baik di dalam masjid dan di luar masjid. Jamaah diminta taat protokol kesehatan agar tidak berkerumun dan menggunakan masker.

Petugas juga berkeliling untuk memberikan imbauan untuk mencegah kerumunan. Patroli mobile juga dilakukan untuk setiap warga yang datang dan tidak menggunakan masker.

Kapolda Banten Irjen Fiandar pada Minggu (29/11) kemarin juga langsung turun ke lapangan bersama Danrem 052/Wijaya Krama Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono. Haul tersebut diminta tidak berkerumun dan disarankan menonton secara live di salah satu stasiun tv lokal.

Beberapa kendaraan di beberapa titik yang membawa santri diminta putar arah agar tidak ke pesantren yang diasuh oleh KH Uci Turtusi tersebut.

"Upaya kepolisian dibantu TNI, Satpol PP sebagai upaya penegakan protokol kesehatan dan juga menghindari klaster baru," kata Fiandar kemarin.

(bri/mud)