Longsor, Akses Jalan Penghubung Cianjur-Kabupaten Bandung Terputus

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 21:43 WIB
Longsor di Cianjurc
Foto: Longsor di Cianjur (Istimewa).
Cianjur -

Longsor terjadi di Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (27/11/2020) malam. Material longsoran menutup badan jalan. Akibatnya akses dari Cianjur menuju Kabupaten Bandung ataupun sebaliknya lumpuh.

Informasi yang dihimpun, longsor terjadi di Tanjakan Hantap, Kampung Citengkor, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul sekitar pukul 19.00 WIB. Longsor terjadi secara tiba-tiba.

"Tiba-tiba longsor, tidak hujan dulu. Longsor bukan hanya material tanah, tapi juga batu berukuran besar," ujar Kepala Desa Sukabakti Tatang Ds via telepon seluler, Jumat (27/11/2020).

Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam longsor tersebut. Namun material longsoran yang menutup seluruh badan jalan membuat akses Cianjur-Kabupaten Bandung lumpuh total.

"Kendaraan tidak bisa melintas, baik sepeda motor ataupun mobil. Tapi ada beberapa pengendara sepeda motor yang memaksa melintas dengan menggotong motornya dibantu masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan longsor di jalur tersebut bukan yang pertama. Oleh karena itu, ia berharap penanganan tidak hanya saat terjadi bencana namun juga dilakukan pengikisan untuk mencegah longsor susulan.

"Tebingnya labil, sehingga rawan longsor. Makanya harus ada penanganan khusus," ucap dia.

Kawaslap PPK 2.5 Jabar Kementerian PUPR Heri menjelaskan satu unit alat berat diterjunkan ke lokasi untuk melakukan penanganan.

"Diusahkan malam ini atau paling telat besok pagi hari jalur sudah bisa dilalui. Meski nanti sudah bisa dilintasi, kami minta pengendara tetap waspada," ucapnya.

(mso/mso)