Pillkada Sukabumi 2020

Tingkatkan Daya Saing, Cabup Marwan Janji Beri Pelatihan ke Masyarakat Desa

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 17:04 WIB
Cabup Sukabumi Marwan Hamami.
Foto: Marwan Hamami (Istimewa).
Sukabumi -

Calon Bupati (Cabup) Sukabumi Marwan Hamami memiliki sejumlah solusi untuk perbaikan Kabupaten Sukabumi ke depan. Mulai dari penyelesaian masalah infrastruktur, kemacetan hingga pemberdayaan masyarakat.

Di bidang pemberdayaan masyarakat Marwan berencana menghadirkan program 'One Product One Village'. Melalui program tersebut dia akan memberikan pelatihan kepada masyarakat.

"Pada posisi menghadapi pandemi COVID-19 dengan program yang akan kita lakukan bagaimana memberdayakan masyarakat dengan posisi sesuai dengan kemampuan pada masing-masing wilayah. Sesuai harapan bapak presiden one product one village kita akan dorong supaya ketahanan desa menjadi tolak ukur perjuangan bagi pembangunan di Indonesia," kata Marwan seperti dilihat detikcom dari tayangan video debat publik, Jumat (27/11/2020).

"Masyarakat kita latih untuk mempunyai ketrampilan-ketrampilan sehingga bisa bersaing dalam era globalisasi menghadapi situasi jaman ke depan," sambung Marwan.

Soal infrastruktur, Marwan mengatakan hal itu tidak hanya berbicara soal jalan. Tapi juga bagaimana infrastruktur yang dibangun bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya.

"Kalau menurut kami infrastruktur itu tidak hanya jalan, tapi juga infrastruktur penunjang lain harus menjadi pencermatan kebijakan. Karena selain jalan itu harus bagus bagaimana penunjang segmen infrastruktur ekonomi, sosial dan budaya sehingga infrastruktur ini bisa bermanfaat ketika terwujud. Sehingga kalau infrastruktur dibuat untuk output saja tidak ada manfaat dan akan menjadikan anggaran negara yang mubazir. Sehingga kalau infrastruktur menjadi outcome maka masyarakat akan menikmati nilai-nilai infrastruktur yang dibuat oleh pemerintah. Capaian yang, sudah kita dapatkan hari ini sesuai dengan RPJMD sudah melampaui dari 65 persen," jelas Marwan.

Sementara itu, Iyos Somantri pasangan Marwan menambahkan untuk mengatasi kemacetan perlu dibangun jalur-jalur alternatif. Sehingga kepadatan lalu lintas bisa terurai dengan baik.

"Di bidang infrastruktur yang akan kami lakukan untuk mengatasi kemacetan adalah konektivitas harus berjalan dengan baik. Kemudian kita akan merencanakan membangun jalan lintas pembuatan Jalan Kebonrandu-Pamuruyan untuk antisipasi (macet) Cibadak, pembangunan Nagrak-Cibadak untuk antisipasi kemacetan Parungkuda dan Cicurug. Kemudian Kadudampit-Sukaraja untuk membuka aksesibilitas pariwisata dan kemudian membangun jalur lingkar Palabuhanratu-Cisolok untuk antisipasi kemacetan di Palabuhanratu," ujar Iyos.

(sya/mso)