5 Guru SD dan Tenaga Kependidikan di Cimahi Positif COVID-19

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 20:44 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Lima orang guru dan tenaga kependidikan di Kota Cimahi terkonfirmasi positif COVID-19. Lima kasus dari lingkungan pendidik itu akumulasi selama satu minggu terakhir.

Dinas Kesehatan kemudian melakukan prosedur penanganan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 untuk memetakan sebaran dan mencegah kasus makin meluas.

"Dalam seminggu ini ada 5 orang pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) Kota Cimahi berturut-turut terkonfirmasi positif," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono, Kamis (26/11/2020).

Guru yang terpapar virus corona tersebut berasal dari dua SD negeri dan dua SD swasta. Namun rata-rata guru dan tenaga kependidikan yang positif COVID-19 terpapar dari orang lain.

"Semua terpapar bukan karena aktivitas di sekolah tapi di luar sekolah. Jadi ada yang suaminya positif akhirnya menular. Intinya dari luar," katanya.

Saat ini kontak erat dari guru yang positif tersebut langsung menjalani swab test mengingat selama pandemi COVID-19 mereka menjalankan kewajiban mengakar dari rumah masing-masing.

"Kontak eratnya langsung swab test, karena kan mereka aktivitasnya di rumah selama pandemi ini. Kalau sakit dan terpaksa dirawat, nanti akan diganti guru lain," terangnya.

Pihaknya memerintahkan semua kepala sekolah agar melakukan sterilisasi lingkungan sekolah setiap hari setelah melakukan aktivitas di sekolah mengingat ada penjaga sekolah yang sempat positif COVID-19.

"Kepala sekolah harus rutin melakukan sterilisasi di sekolah, karena ada kasus penjaga sekolah yang positif. Selama PJJ ini kan ada murid dan orangtua yang ke sekolah ambil dan menyerahkan tugas," bebernya.

Simak video 'Update Covid-19 di RI: Tak Ada Provinsi Nihil Corona Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2